Analisis Penyelesaian Pembiayaan Terhadap Nasabah Wanprestasi Pemilik Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Di KSPPS BMT UGT Nusantara Capem Jember Kota

Puspitas sari, Ayu (2024) Analisis Penyelesaian Pembiayaan Terhadap Nasabah Wanprestasi Pemilik Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Di KSPPS BMT UGT Nusantara Capem Jember Kota. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text (SK-029-PS-2024)
skripsi Ayu Puspita Sari watermark.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

BMT selama ini dikenal sebagai lembaga keuangan mikro yang pada awal pendiriannya mempunyai misi memberdayakan ekonomi masyarakat bawah serta membantu perekonomian para pelaku UMKM dengan memberikan pembiayaan berbasis syariah. Dengan adanya pembiayaan yang diberikan tentunya terdapat beberapa permasalahan, seperti pada KSPPS BMT UGT Nusantara Capem Jember Kota tetapi, bagaimana dengan adanya permasalahn tersebut memerlukan penyelesaian yang bijaksana dimana para pihak tidak merasa dirugikan. Fokus masalah pada penelitian ini adalah: (1) Apa yang menjadi penyebab terjadinya nasabah wanprestasi pada KSPPS BMT UGT nusantara Capem Jember Kota? (2) Bagaimana upaya penyelesaian terhadap nasabah wanprestasi pada produk pembiayaan di KSPPS BMT UGT Nusantara Capem Jember Kota?
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui apa yang menjadi penyebab terjadinya nasabah wanpresatsi pada KSPPS BMT UGT Nusantara Capem Jember Kota. (2) Untuk menganalisis bagaimana upaya penyelesaian terhadap nasabah wanpresatsi pada produk pembiayaan di KSPPS BMT UGT Nusantara Capem Jember kota. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian diskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun untuk analisis data menggunakan pengumpulan data, redukasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kemudian keabsahan data menggunakan teknik tringulasi sumber.
Hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Faktor-faktor yang menjadi penyebab terjadinya nasabah wanprestasi disebabkan karena dua faktor yaitu faktor internal, disebabkan karena lemahya karyawan saat melakukan survei sehingga mengasilkan analisa yang kurang akurat. Dan faktor eksternal, disebabkan karena faktor ketidaksengajaan maupun kesengajaan seperti terjadinya usaha nasabah yang tidak stabil, penggunaan atas nama orang lain dan gagal panen. (2) Upaya penyelesaian terhadap nasabah wanprestasi pada pembiayaan di BMT Capem Jember Kota. Sebelum melakukan penyelesaian maka lebih dulu melakukan penanganan penyelamatan pembiayaan dengan melakukan evaluasi terhadap nasabah dan melakukan kunjungan kerumah nasabah lebih sering daripada biasanya. Kemudian, melakukan penyelesaian pembiayaan ketika nasabah tidak ada perubahan dengan cara reschedulling (penjadwalan ulang), reconditioning (persyaratan kembali), lalu pengambilan jaminan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Ayu puspita sari
Date Deposited: 12 Jun 2024 07:38
Last Modified: 11 Jul 2024 03:18
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33166

Actions (login required)

View Item View Item