Penerapan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Pembelajaran Tematik Kelas IV-B Madrasah Ibtidaiyah Negeri 6 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020

Arfan, Efendi (2020) Penerapan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Pembelajaran Tematik Kelas IV-B Madrasah Ibtidaiyah Negeri 6 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.

[img] Text
Arfan Efendi_T20154046.pdf

Download (4MB)

Abstract

Arfan Efendi, 2020: “Penerapan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Pembelajaran Tematik Kelas IV-B Madrasah Ibtidaiyah Negeri 6 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020”. Kurikulum 2013 menjadi keharusan pembelajaran tematik diterapkan di SD/MI, hal ini dikarenakan dasar pembelajran tematik dijelaskan dalam Lampiran Permendikbud RI No. 67 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah bahwa untuk proses pembelajaran pada jenjang SD/MI dari kelas 1 hingga kelas VI menggunakan pembelajaran tematik terpadu. Pembelajaran tematik dalam penerapan perlu menggunakan metode-metode yang tepat dalam penerapannya agar maksud pembelajaran dapat di terima oleh siswa. Metode pembelajaran dengan Contextual Teaching And Learning menjadi alternatif yang tepat bila di padukan dengan pembelajaran tematik. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana Penerapan Perencanaan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Pembelajaran Tematik Kelas IV-B Madrasah Ibtidaiyah Negeri 6 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020? (2) Bagaimana Penerapan Pelaksanaan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Pembelajaran Tematik Kelas IV-B Madrasah Ibtidaiyah Negeri 6 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020? (3) Bagaimana Penerapan Evaluasi Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Pembelajaran Tematik Kelas IVB Madrasah Ibtidaiyah Negeri 6 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020?. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menjelaskan Penerapan Perencanaan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Pembelajaran Tematik Kelas IVB Madrasah Ibtidaiyah Negeri 6 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. (2) Menjelaskan Penerapan Pelaksanaan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Pembelajaran Tematik Kelas IV-B Madrasah Ibtidaiyah Negeri 6 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. (3) Menjelaskan Penerapan Evaluasi Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Pembelajaran Tematik Kelas IV-B Madrasah Ibtidaiyah Negeri 6 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020 Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Dalam penentuan subjek penelitian menggunakan Purposive Sampling serta menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah 1. Penerapan Pelaksanaan Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV-B Madrasah Ibtidaiyah Negeri 6 Jember, (a) Memudahkan Guru (b) Memotivasi siswa, 2. Penerapan Pelaksanaan Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV-B Madrasah Ibtidaiyah Negeri 6 Jember,(a) Pemberian tugas/ mandiri, (b) membentuk jejaring, 3. Penerapan evaluasi Contextual Teaching And Learning (CTL) Pada Pembelajaran Tematik Kelas IVB Madrasah Ibtidaiyah Negeri 6 Jember, (a) Penggunaan penilaian tes Kata Kunci: contextual teaching and learning (CTL), pembelajaran tematik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: m muhammad fadil
Date Deposited: 22 Mar 2022 04:53
Last Modified: 22 Mar 2022 04:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3318

Actions (login required)

View Item View Item