Pengembangan Media Pembelajaran E-Book Berbasis FlipHTML5 Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Peserta Didik Kelas V Di MIN 6 Jember

Umami, Jazilia (2024) Pengembangan Media Pembelajaran E-Book Berbasis FlipHTML5 Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Peserta Didik Kelas V Di MIN 6 Jember. Undergraduate thesis, Uin Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK - 037 - PGMI - 2024)
Skripsi Jazilia Umami 205101040001.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

E-book merupakan buku versi digital yang dirancang untuk memvisualisasikan materi menjadi bentuk visual yang lebih mudah dipahami oleh siswa, namun dilengkapi dengan fitur multimedia seperti animasi bergerak, gambar, tulisan, audio, dan video yang dapat menunjang pembelajaran dengan mudah dan simple. Dalam perancangan media pembelajaran E-Book Berbasis FlipHTML5. FlipHTML5 adalah sebuah perangkat lunak atau platform yang digunakan untuk membuat publikasi digital , seperti E-Book dan majalah. Penelitian ini bertujuan: 1) Mendeskripsikan kevalidan Pengembangan Media Pembelajaran E-Book Berbasis FlipHTML5 Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Peserta Didik Kelas V Di MIN 6 Jember. 2) Mendeskripsikan kepraktisan Pengembangan Media Pembelajaran E-Book Berbasis FlipHTML5 Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Peserta Didik Kelas V Di MIN 6 Jember. 3) Mendeskripsikan keefektifan Pengembangan Media Pembelajaran E-Book Berbasis FlipHTML5 Dalam
Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Peserta Didik Kelas V Di MIN 6 Jember. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Tahapan-tahapannya meliputi Analisis (Analysis), Desain (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data mencakup pedoman wawancara, lembar angket, dan pre-test dan post- test. Teknik analisis data yang diterapkan meliputi analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan persentase validitas dan persentase tingkat kelayakan, serta analisis deskriptif kualitatif. Selain itu, untuk mengevaluasi efektivitasnya, digunakan uji paired sample T-Test
dan N-Gain.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kevalidan media pembelajaran memperoleh
rata-rata sebesar 90% yang artinya termasuk kategori “sangat valid”, kevalidan pada ringkasan materi menghasilkan presentase 95% yang artinya termasuk kategori “sangat valid”, kevalidan bahasa menghasilkan presentase 90% yang artinya termasuk kategori “sangat valid”, sedangkan kevalidan dari soal Pre-test dan Post-test menghasilkan presentase 86%. 2) Kepraktisan media pembelajaran dari respon siswa sebesar 96,38% dari seluruh aspek yang dinilai dengan kategori “sangat praktis”. 3) Tingkat keefektifan media pembelajaran e-book berbasis FlipHTML5 diketahui berdasarkan N-Gain Score sebesar 86,44% dengan kategori “sangat efektif” yang artinya bahwa pembelajaran menggunakan Pengembangan Media Pembelajaran E-Book Berbasis FlipHTML5 Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Peserta Didik Kelas V Di MIN 6 Jember.
Kata Kunci: media pembelajaran, E-Book , FlipHTML5, hasil belajar, matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics > 010101 Algebra and Number Theory
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: jazilia Umami
Date Deposited: 12 Jun 2024 08:36
Last Modified: 12 Jun 2024 08:36
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33187

Actions (login required)

View Item View Item