Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Berbasis E-Commerce Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) Pada Aplikasi Tiktok

Melisa, Melisa (2024) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Berbasis E-Commerce Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) Pada Aplikasi Tiktok. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-071-AKSYA-2024)
MELISA 201105030030 AKS.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah membawa dampak signifikan pada dunia bisnis dan pemasaran, terutama dalam era digital saat ini. E-commerce menjadi salah satu platform yang memungkinkan perdagangan barang dan jasa secara online, memungkinkan interaksi langsung antara pelanggan dan produsen, serta mengurangi biaya promosi.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Apakah ease of use berpengaruh positif terhadap minat penggunaan sistem informasi akuntansi berbasis e-commerce pada aplikasi tiktok, 2) Apakah usefulness berpengaruh positif terhadap minat penggunaan sistem informasi akuntansi berbasis e-commerce pada aplikasi tiktok, 3) Apakah risiko berpengaruh negatif terhadap minat penggunaan sistem informasi akuntansi berbasis e-commerce pada aplikasi tiktok, 4) Apakah kepercayaan berpengaruh positif terhadap minat penggunaan sistem informasi akuntansi berbasis e-commerce pada aplikasi tiktok, 5) Apakah attitude towards using berpengaruh positif terhadap minat penggunaan sistem informasi akuntansi berbasis e-commerce pada aplikasi tiktok, 6) Apakah ease of use, usefulness, risiko, kepercayaan, dan attitude towards using berpengaruh positif terhadap minat penggunaan sistem informasi akuntansi berbasis e-commerce pada aplikasi tiktok.
Tujuan dalam penelitian ini yaitu: 1) Untuk menganalisa pengaruh ease of use terhadap minat penggunaan sistem informasi akuntansi berbasis e-commerce pada aplikasi tiktok, 2) untuk menganalisa pengaruh usefulness terhadap minat penggunaan sistem informasi akuntansi berbasis e-commerce pada aplikasi tiktok, 3) untuk menganalisa pengaruh risiko terhadap minat penggunaan sistem informasi akuntansi berbasis e-commerce pada aplikasi tiktok, 4) untuk menganalisa pengaruh kepercayaan terhadap minat penggunaan sistem informasi akuntansi berbasis e-commerce pada aplikasi tiktok, untuk menganalisa pengaruh attitude towards using terhadap minat penggunaan sistem informasi akuntansi berbasis e-commerce pada aplikasi tiktok, 5) untuk menganalisa pengaruh ease of use, usefulness, risiko, kepercayaan, dan attitude towards using terhadap minat penggunaan sistem informasi akuntansi berbasis e-commerce pada aplikasi tiktok.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Objek yang digunakan dalam penelitian ini adalah kampus Universitas Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik penyebaran kuesioner. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling dengan perolehan sampel sebanyak 30 orang. Analisis data yang digunakan yaitu statistic deskriptif dan regresi linier berganda dengan SPSS 22.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) ease of use berpengaruh secara signifikan terhadap minat penggunaan, 2) usefulness tidak berpengaruh secara signifikan terhadap minat penggunaan, 3) risiko berpengaruh secara signifikan terhadap minat penggunaan, 4) kepercayaan berpengaruh secara signifikan terhadap minat penggunaan, 5) attitude towards using berpengaruh secara signifikan terhadap minat penggunaan, 6) ease of use, usefulness, risiko, kepercayaan, dan attitude towards using berpengaruh secara signifikan terhadap minat penggunaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150111 Accounting System (incl. Accounting Information System)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Ms Melisa Melisa
Date Deposited: 13 Jun 2024 03:51
Last Modified: 10 Jul 2024 03:00
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33196

Actions (login required)

View Item View Item