Penerapan tari gandrung untuk mengenalkan etnomatematika pada anak usia dini di TK Baitul Muslimin Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi tahun pelajaran 2023-2024

Setiawan, Anggun Alifa (2024) Penerapan tari gandrung untuk mengenalkan etnomatematika pada anak usia dini di TK Baitul Muslimin Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi tahun pelajaran 2023-2024. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-006-PIAUD-2024)
Anggun Alifa Setiawan__202101050005.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Anggun Alifa Setiawan, 2023: Penerapan Tari Gandrung Untuk Mengenalkan Etnomatematika pada Anak Usia Dini di Tk Baitul Muslimin Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2023-2024
Kata Kunci: Tari Gandrung, Etnomatematika, Anak Usia Dini
Mengenalkan Etnomatematika melalui tari gandrung merupakan salah satu cara untuk mengenalkan budaya sekaligus matematika yang berhubungan dengan pola, bentuk, hitungan melalui Gerakan tangan. TK Baitul Muslimin Muncar Banyuwangi menerapkan tari gandrung untuk mengenalkan Etnomatematika, karena tari gandrung merupakan sebuah tarian wajib yang harus ditanamkan sejak usia dini guna untuk melestarikan budaya serta menjadi sebuah simbol kebanggaan kota Banyuwangi, yang dapat dilestarikan secara turun temurun dari generasi kegenerasi.
Fokus penelitian ini adalah Bagaimana penerapan tari gandrung untuk mengenalkan etnomatematika pada anak usia dini di TK Baitul Muslimin Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2023-2024?
konsep matematika dalam penerapan tari gandrung untuk mengenalkan etnomatematika pada anak usia dini di taman kanak-kanak baitul muslimin kecamatan muncar kabupaten Banyuwangi.
Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penentuan subyek menggunakan Teknik purposive. Analisis data menggunakan model Miles, Huberman dan Saldana yang meliputi tiga tahapan yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengumpulan data melalui tiga tahap yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Penerapan Tari Gandrung Untuk Mengenalkan Etnomatematika pada anak usia dini berupa deskripsi data terkait hasil penerapan tari gandrung untuk mengenalkan etnomatematika yang mana meliputi identifikasi gerakan dan formasi yang diterapkan pada peserta didik yaitu pola garis lurus, belah ketupat, trapezium, persegi panjang, dan pola lingkaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Anggun Alifa Setiawan
Date Deposited: 13 Jun 2024 06:59
Last Modified: 05 Jul 2024 06:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33201

Actions (login required)

View Item View Item