Etos Kerja Masyarakat Pertambangan Pasir Dalam Perspektif Maqashid Syariah Di Desa Bago Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang

Ika, Candra Agustin (2024) Etos Kerja Masyarakat Pertambangan Pasir Dalam Perspektif Maqashid Syariah Di Desa Bago Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ika Candra Agustin 201105020028.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tingginya efisiensi dalam memanfaatkan hasil sumber daya alam harusnya dapat memberikan kehidupan yang layak dan etos kerja yang baik. Produktivitas penambang pasir menandakan etos kerja yang baik bagi para penambang pasir yang mana membangkitkan sikap tanggung jawab dan inovatif. Tingginya produktivitas masyarakat penambang pasir Desa Bago sebagai tanda etos kerja yang baik dengan tujuan mencapai kesejahteraan serta pentingnya pemahaman dalam perspektif maqashid syariah pada masyarakat penambang pasir.
Fokus penelitian yang diteliti oleh peneliti pada skripsi ini adalah : 1) Bagaimana etos kerja masyarakat pertambangan pasir di Desa Bago Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang? 2) Bagaimana etos kerja masyarakat pertambangan pasir dalam perspektif maqashid syariah di Desa Bago Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang?
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengeksplorasi etos kerja masyarakat pertambangan pasir di Desa Bago Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang. 2) Untuk menganalisis etos kerja masyarakat pertambangan pasir dalam perspektif maqashid syariah di Desa Bago Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang.
Untuk meneliti dan mengolah data pada penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian ini berada di Desa Bago Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan atau verifikasi, Adapun untuk menguji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini menyatakan bahwa: 1) Penerapan etos kerja masyarakat pertambangan pasir di Desa Bago Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang dilakukan dengan penerapan indikator etos kerja yaitu menghargai waktu, kejujuran, disiplin, komitmen dan bertanggung jawab. 2) penerapan etos kerja masyarakat pertambangan pasir dalam perspektif maqashid syariah di Desa Bago Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang dilakukan dengan memelihara dan menjaga enam unsur pokok yakni memelihara jiwa, memelihara akal, memelihara keturunan, memelihara harta, namun terdapat beberapa unsur yang masih belum terpenuhi yaitu memelihara agama dan memelihara lingkungan, yang mana masih terdapat beberapa penambang yang belum melaksanakan unsur dari memelihara agama (hifdz al-diin) yaitu sholat. Selain itu pemeliharaan lingkungan (hifdz al-bi’ah) masih belum terpenuhi dikarenakan tidak ada pengawasan dari pihak pemerintah terkait kegiatan penambangan pasir.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Ika Candra Agustin
Date Deposited: 13 Jun 2024 03:47
Last Modified: 13 Jun 2024 03:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33202

Actions (login required)

View Item View Item