Pengaruh pengetahuan gaya hidup dan kelompok acuan terhadap loyalitas konsumen dengan minat kredit e-commerce sebagai variabel intervening

Siti Rahmafita, Purnamasari (2024) Pengaruh pengetahuan gaya hidup dan kelompok acuan terhadap loyalitas konsumen dengan minat kredit e-commerce sebagai variabel intervening. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SHIDDIQ JEMBER.

[img] Text (SK-077-PS-2024)
BARU SITI RAHMAFITA PURNAMASARI_204105010083_compressed (1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Siti Rahmafita Purnamasari, Dr. Hersa Farida Qoriani, S.Kom, M.M. 2024: Pengaruh Pengetahuan, Gaya Hidup dan Kelompok Acuan Terhadap Loyalitas Konsumen dan Minat Kredit E-Commerce Sebagai Variabel Intervening.
Dalam dunia modern dewasa ini, peranan perbankan dalam mengembangkan peranan suatu negara sangatlah besar, hamper semua sector yang berhubungan dengan berbagai kegiatan keuangan selalu membutuhkan jasa perbankan. Maka, pelaku perekonomian membuat inovasi dan terjangkau serta efektif yaitu dengan adanya e-commerce sebuah platform yang menyediakan penjualan bahkan transaksi kredit pinjam.
Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah: 1. Apakah pengetahuan (X1) berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen (Y)?""2. Apakah gaya hidup (X2) berpengaruh signifikan terhadap oleh loyalitas konsumen (Y)?""3. Apakah kelompok acuan (X3) berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen (Y)?""4. Apakah pengetahuan (X1) berpengaruh signifikan terhadap minat kredit (Z)?""5. Apakah gaya hidup (X2) berpengaruh signifikan terhadap minat kredit (Z)?"6. Apakah kelompok acuan (X3) berpengaruh signifikan terhadap minat kredit (Z)? 7. Apakah pengetahuan, gaya hidup, kelompok acuan terhadap loyalitas konsumen berpengaruh signifikan melalui minat kredit (Z)?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengetahuan (X1) berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen (Y).""2) Untuk mengetahui gaya hidup (X2) berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen (Y).""3) Untuk mengetahui kelompok acuan (X3) berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen (Y).""4) Untuk mengetahui pengetahuan (X1) berpengaruh signifikan terhadap minat kredit (Z).""5) Untuk mengetahui gaya hidup (X2) berpengaruh signifikan terhadap minat kredit (Z)."6) Untuk mengetahui kelompok acuan (X3) berpengaruh signifikan terhadap minat kredit (Z). 7) Untuk mengetahui pengetahuan, gaya hidup, kelompok acuan terhadap loyalitas konsumen berpengaruh signifikan melalui minat kredit (Z).
Metode penelitian diawali dari pendekatan penelititan kuantitatif, teknik pengambilan sampel yang digunakan non probability sampling dengan responden mahasiswa aktif Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN KHAS Jember. Penelitian ini menggunakan sampel 100 responden. Teknik pengujian instrument penelitian ini yaitu uji validitas dan reliabilitas. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah Path Anaylisis (Analisis Jalur) yaitu untuk menguji suatu rangkaian model masalah apakah berpengaruh secara langsung atau tidak langsung antara satu variabel dengan variabel lainnya. Dalam analisis jalur terdapat dua model persamaan pengujian.
Hasil penelitian ini adalah: 1) Melihat nilai signifikansi X1 (0,000 < 0,05) berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen. 2) Melihat nilai signifikansi gaya hidup X2 (0,000 < 0,05) berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen. 3) Melihat nilai signifikansi kelompok acuan X3 (0,030 < 0,05) berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen. 4) Melihat nilai signifikansi pengetahuan X1 (0,000 < 0,05) berpengaruh signifikan terhadap minat kredit. 5) Melihat nilai signifikansi X2 (0,000 < 0,05) berpengaruh signifikan terhadap minat kredit. 6) Melihat nilai signifikan kelompok acuan X3 (0,030 < 0,05) signifikan terhadap minat kredit. 7) Melihat nilai signifikan pengetahuan, gaya hidup, kelompok acuan dan loyalitas konsumen terhadap minat kredit (0,010 < 0,05).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140202 Economic Development and Growth
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140299 Applied Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mis Siti Rahmafita Purnamasari
Date Deposited: 13 Jun 2024 07:03
Last Modified: 11 Jul 2024 03:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33207

Actions (login required)

View Item View Item