Pengaruh media pembelajaran QUIZIZZ terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Jatiroto Lumajang Tahun Pelajaran 2023/2024.

Asria, Asria (2024) Pengaruh media pembelajaran QUIZIZZ terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Jatiroto Lumajang Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-017-TADRIS IPS-2024)
ASRIA_T20179067.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Asria, 2024 : PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 1 JATIROTO LUMAJANG TAHUN PELAJARAN 2023/2024.
Kata Kunci : Penerapan, Media Pembelajaran Quizizz, Hasil Belajar, Mapel IPS.
Media adalah sarana untuk mentrasfer dan penyampaian pesan, pengirim
pesan kepada penerima pesan yang bersifat fleksibel. Pada tahun 2015 muncul media pembelajaran quizizz yang keluar pertama kali di Negara india yang menampilkan game edukasi yang dapat mendukung factor pembelajaran secara segnifikan dan digunakan pada saat dilakukan pembelajaran dikarenakan bisa dilakukan di manasaja. Media pembelajaran quizizz berupa aplikasi dan kapasitas penyimpanannya tidak terlalu besar dan tak perlu kapasitas besar dalam mendownload dan menggunakannya.
Penelitian ini bertujuan : (1) Mengetahui Peningkatan hasil belajar siswasetelah penerapan media pembelajaran Quizizz diterapkan pada Mata Pelajaran IPS untuk siswa kelas VIII di SMP Negeri Jatiroto Lumajang Tahun Pembelajaran 2023/2024. (2) Mengetahui factor apa saja yang mempengaruhi Media Pembelajaran Quizizz terhadap hasil belajar Siswa Kelas VIII pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Jatiroto Lumajang Tahun Pembelajaran 2023/2024. (3) Mengetahui bagaimana upaya yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri JatirotoLumajang Tahun pembelajaran 2023/2024 Melalui Media Pembelajaran Quizizz.
Teknik yang digunakan kuantitatif korelasional dengan menggunakan Product Moment. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, interview, dokumentasi, dan tes. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII A berjumlah 28 siswa uji coba, instrument penelitian berupates dan dokumentasi. Untuk mengetahui keefektifan dan validitas data melalui hasil tes uji coba media pembelajaran quizizz yang sudah diterapkan.
Hasil penelitian 1) pada tingkat kevalidan media pembelajaran yang diperoleh dari hasil penerapan media quizizz yang telah di uji cobakan terhadap 28 siswa dari VIII A dan 28 siswa dari VIII B yang diperoleh data signifikansi 007 dari uji normalitas data, mean 0,00518 atau <0,05 dari uji homogenitas, sig F 0,006827079>0,05 dari data linearitas, dan sample T-test hipotesis diperoleh hasil sig 0,006<0,05. (2) dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran quizizz sangat praktis untuk diterapkan sebagai tingkat pemahaman siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 10 TECHNOLOGY > 1005 Communications Technologies > 100502 Broadband and Modem Technology
10 TECHNOLOGY > 1005 Communications Technologies > 100509 Video Communications
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Ms Asria Asria
Date Deposited: 13 Jun 2024 04:06
Last Modified: 04 Jul 2024 02:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33213

Actions (login required)

View Item View Item