Efektivitas penggunaan model pembelajaran talking stick pada materi sistem reproduksi manusia terhadap hasil belajar siswa kelas IX SMPN 3 Gading Probolinggo

Latifatul, musyarrofah (2024) Efektivitas penggunaan model pembelajaran talking stick pada materi sistem reproduksi manusia terhadap hasil belajar siswa kelas IX SMPN 3 Gading Probolinggo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-010-IPA-2024)
skripsi latifatul musyarrofah T201710013.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Kata Kunci: Model Pembelajaran Talking Stick, Materi Sistem Reproduksi Manusia, Hasil Belajar

Kegiatan pembelajaran di SMPN Gading Probolinggo menggunakan media pembelajaran power point, buku paket dan buku pegangan guru. Metode yang digunakan menggunakan metode ceramah. Proses pembelajaran di kelas terkesan monoton peserta didik tidak antusias ketika belajar dan mengalami kesulitan ketika belajar.dalam hal ini peserta didik membutuhkan model pembelajaran yang inovatif dan kreatif yaitu dengan menggunakan model pembelajaran talking stick untuk membantu kesulitan yang dialami peserta didik.
Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini yaitu bagaimana keefektifan penggunaan model pembelajaran talking stick pada materi sistem reproduksi manusia terhadap hasil belajar siswa kelas IX SMPN 3 Gading Probolinggo. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui keefektifan penggunaan model pembelajaran talking stick pada materi sistem reproduksi manusia terhadap hasil belajar siswa kelas IX SMPN 3 Gading Probolinggo.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen semu (quasi experimental). Desain dalam penelitian ini menggunakan desain penelitian nonequivalent control group desaign. Untuk pengambilan sampel yaitu menggunakan Cluster Random Sampling. Sampel yang diambil dalam penelitian ini yaitu pada kelas IX A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa sebanyak 21 siswa dan kelas IX B sebagai kelas control dengan jumlah siswa sebanyak 21 siswa. Untuk tehnik pengumpulan data menggunakan tes yang berupa soal pre test dan post test.
Hasil penelitian ini membuktikan bahwa terdapat perbedaan nilai hasil belajar post-test kelas eksperimen dan juga kelas kontrol pada materi sistem reproduksi manusia. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi skor post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 0,000 < 0,05. Sehingga penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran talking stick pada materi sistem reproduksi manusia terhadap hasil belajar siswa kelas IX SMPN 3 Gading Probolinggo dinyatakan efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Latifatul Musyarrofah
Date Deposited: 14 Jun 2024 06:08
Last Modified: 04 Jul 2024 03:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33224

Actions (login required)

View Item View Item