Pengaruh Kualitas Layanan Mobile Banking, SMS Banking dan Digital Branch, terhadap Kepuasan Nasabah Bank X Jember.

Ananda, Hafiz Wahyu (2024) Pengaruh Kualitas Layanan Mobile Banking, SMS Banking dan Digital Branch, terhadap Kepuasan Nasabah Bank X Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-076-PS-2024)
Hafiz wahyu ananda (204105010064) skripsi watermark.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Seiring perkembangan industri di Indonesia, Perbankan merupakan salah satu lembaga bisnis yang berkembang dengan sangat baik mengikuti perkembangan zaman, sehingga menimbulkan kompetisi antar instansi yang sangat sengit. Tentunya dengan peningkatan kapabilitas sebuah Bank di Indonesia diharapkan mampu berkontribusi langsung dengan perekonomian sosial. Perbankan turut melakukan inovasi agar tetap tegar menghadapi persaingan mempertahankan nasabahnya. Mobile Banking Bank X, SMS Banking Bank X dan Digital Branch Bank X merupakan inovasi oleh Bank X yang tengah hangat
diperbincangkan. Dengan adanya inovasi perbankan pada sistem layanan tersebut diharapkan dapat membantu memenuhi kebutuhan nasabah pada era digitalisasi dan mampu mencapai kepuasan nasabah. Fokus masalah pada penelitian ini adalah : 1) Apakah kualitas layanan Mobile Banking Bank X berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah Bank X Jember? 2) Apakah kualitas layanan SMS Banking Bank X
berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah Bank X Jember? 3) Apakah kualitas layanan Digital Branch Bank X berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah Bank X Jember?Tujuan pada penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan Mobile Banking Bank X terhadap kepuasan nasabah Bank X Jember, 2) Untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan SMS Banking Bank X terhadap kepuasan nasabah Bank X Jember, 3) Untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan Digital Branch Bank X terhadap kepuasan nasabah Bank X Jember.Pendekatan yang digunakan oleh peneliti adalah kuantitatif dengan jenis
penelitian asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah dari Bank X Jember yang tidak diketahui jumlahnya (Infinite) dan jumlah sampel sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik non-prbability sampling jenis pursposive sampling. Untuk teknik pengumpulan data, peneliti menggunakan data primer yang meliputi kuisioner, wawancara dan dokumentasi. Dalam menganalisis data peneliti menggunakan teknik statistik deskriptif dan partial least square (PLS) menggunakan bantuan alat statistik SmartPLS 3.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan pengaruh positif dan signifikan antara variabel kualitas layanan Mobile Banking Bank X terhadap kepuasan nasabah Bank X Jember. Pada variabel kualitas layanan SMS Banking Bank X tidak berpengaruh positif dan tidak siginifikan terhadap kepuasan nasabah Bank X Jember, dan pada variabel kualitas layanan Digital Branch Bank X berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah Bank X Jember.

Kata Kunci : Kualitas Layanan, Mobile Banking, SMS Banking, Digital Branch, Kepuasan Nasabah, Bank X Jember

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150307 Innovation and Technology Management
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mr Hafiz Wahyu Ananda
Date Deposited: 13 Jun 2024 07:08
Last Modified: 11 Jul 2024 03:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33225

Actions (login required)

View Item View Item