OPTIMALISASI CIRCULAR ECONOMY MELALUI SABUN ECO-ENZYME DALAM MEWUJUDKAN EKONOMI KREATIF DI BANK SAMPAH UNIT ASRI BMP JEMBER

Riska Fajrin, Triwulandari (2024) OPTIMALISASI CIRCULAR ECONOMY MELALUI SABUN ECO-ENZYME DALAM MEWUJUDKAN EKONOMI KREATIF DI BANK SAMPAH UNIT ASRI BMP JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Riska Fajrin Triwulandari NIM. 204105020144.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kata Kunci : Circular Economy, Sabun Eco-Enzyme, Ekonomi Kreatif.

​Menaikkan laju pertumbuhan ekonomi merupakan tujuan utama pembangunan ekonomi. Dalam upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi, dapat dilakukan dengan pengembangan ekonomi kreatif. Sebagai bentuk mengimplementasikan konsep ekonomi kreatif salah satunya adalah ekonomi sirkular (circular economy). Circular economy adalah suatu sistem yang dirancang untuk menciptakan produk baru dan meningkatkan nilai produk lama untuk dimanfaatkan kembali melalui proses daur ulang.
​Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1). bagaimana proses optimalisasi penerapan circular economy melalui sabun eco-enzyme dalam mewujudkan ekonomi kreatif di Bank Sampah Unit Asri BMP Jember. 2). bagaimana impact yang dihasilkan dengan optimalisasi penerapan circular economy melalui sabun eco-enzyme dalam mewujudkan ekonomi keatif di Bank Sampah Unit Asri BMP Jember.
​Penelitian ini memiliki tujuan: 1). untuk mengetahui optimalisasi penerapan circular economy melalui sabun eco-enzyme dalam mewujudkan ekonomi kreatif di Bank Sampah Unit Asri BMP Jember. 2). untuk mengetahui impact yang dihasilkan dengan optimalisasi penerapan circular economy melalui sabun eco-enzyme dalam mewujudkan ekonomi keatif di Bank Sampah Unit Asri BMP Jember.
​Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan terjun langsung ke lapangan, wawancara dengan informan, dan data koleksi berupa dokumen pendukung lainnya. Untuk mengidentifikasi permasalahan menggunakan analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan verrification Lokasi penelitian ini di Bank Sampah Unit Asri BMP Jember. Keabsahan data yang dipakai dalam penelitian ini sebagai uji valid menggunakan triangulasi sumber.
​Kesimpulan dari penelitian ini berdasarkan fokus penelitian adalah: 1). optimalisasi penerapan circular economy dengan menggunakan prinsip 3R (reduce, reuse, recycle) melalui sabun eco-enzyme dapat dinilai terlaksana secara baik dalam mewujudkan ekonomi kreatif yang akan terus berinovasi ke depannya untuk menunjang pertumbuhan ekonomi. 2). Dampak dari penerapan circular economy ini telah sesuai dalam pengaplikasiannya dan memberikan dampak positif baik secara aspek ekonomi maupun lingkungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140202 Economic Development and Growth
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140205 Environment and Resource Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Riska Fajrin Triwulandari
Date Deposited: 13 Jun 2024 06:27
Last Modified: 13 Jun 2024 06:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33231

Actions (login required)

View Item View Item