Implementasi Program Sudut Baca Diniyah pada Anak dalam Memahami Baca Tulis Al-Quran di Kampoeng Batja Jember.

Nur Saadilah, Fajriatus Zulvi (2020) Implementasi Program Sudut Baca Diniyah pada Anak dalam Memahami Baca Tulis Al-Quran di Kampoeng Batja Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
Nur Saadilah Fajriatus Zulvi_T20161112.pdf

Download (10MB)

Abstract

Nur Saadilah Fajriatus Zulvi, 2020: “Implementasi Program Sudut Baca Diniyah pada Anak dalam Memahami Baca Tulis Al-Quran di Kampoeng Batja Jember.” Program sudut baca diniyah merupakan suatu program yang memanfaatkan sudut baca yang berisi koleksi-koleksi buku tentang keagamaan yang ditata secara menarik dan dapat menjadi penunjang bagi anak dalam memahami baca tulis Al-Quran. Fokus yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu, 1) Bagaiamana perencanaan program sudut baca diniyah pada anak dalam memahami baca tulis al-Quran di Kampoeng Batja Jember? 2) Bagaimana pelaksanaan program sudut baca diniyah pada anak dalam memahami baca tulis al-Quran di Kampoeng Batja Jember? 3) Bagaimana evaluasi terhadap program sudut baca diniyah pada anak dalam memahami baca tulis al-Quran di Kampoeng Batja Jember?. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan tentang perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi program sudut baca diniyah pada anak dalam memahami baca tulis al-Quran di Kampoeng Batja Jember. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah field research (penelitian lapangan). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara semi terstruktur, observasi partisipan dan dokumentasi. Analisis data menggunakan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Perencanaan program sudut baca diniyah meliputi beberapa tahapan-tahapan yaitu menentukan tujuan yang ingin dicapai, merumuskan keadaan sekarang yaitu dengan menetapkan waktu, jadwal, kegiatan, fasilitas, target yang ingin dicapai dan mengembangkan rencana melalui pelaksanaan kegiatan program yang sudah direncanakan. 2) Pelaksanaan program tersebut berlangsung setiap hari jumat setelah melaksanakan kegiatan sholat berjamaah dan setor hafalan surat pendek serta doa harian, kemuadian dilanjutkan dengan kegiatan literasi dan membaca nyaring (read aloud). Kegiatan literasi tersebut dilaksanakan khusus bagi peserta didik yang sudah bisa membaca. Mereka memilih buku bacaan yang ingin mereka pahami, kemudian menulis rangkuman apa yang telah mereka baca sesuai dengan bahasa mereka sendiri. Sedangkan untuk peserta didik yang belum bisa membaca, diarahkan untuk melaksanakan kegiatan membaca nyaring (read aloud) yaitu ustadzah membacakan buku kepada peserta didik, kemudian peserta didik mendengarkan dan menulis bacaan yang sudah dibacakan oleh ustadzah. 3) Evaluasi program sudut baca diniyah pada anak dalam memahami baca tulis al-Quran di Kampoeng Batja Jember yaitu berupa evaluasi terhadap program dan juga evaluasi terhadap peserta didik yang ikut serta dalam program sudut baca diniyah. Bentuk evaluasi terhadap program tersebut yaitu dilaksanakan ke dalam bentuk laporan secara lisan dan tidak tertulis. Sedangkan untuk mengukur seberapa suksesnya program ix itu berjalan juga perlu mengevaluasi peserta didik melalui beberapa bentuk evaluasi yang dilaksanakan. Kata Kunci : Program Sudut Baca Diniyah, Baca Tulis Al-Quran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: m muhammad fadil
Date Deposited: 24 Mar 2022 02:22
Last Modified: 24 Mar 2022 02:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3324

Actions (login required)

View Item View Item