Implementasi Pembelajaran IPA Berbasis Kurikulum Merdeka Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas VII di SMP Negeri 1 Wringin

NIKMAH, KHOIRATUN (2024) Implementasi Pembelajaran IPA Berbasis Kurikulum Merdeka Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas VII di SMP Negeri 1 Wringin. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text (SK-007-IPA-2024)
KHOIRATUN NIKMAH_205101100008.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (23MB)

Abstract

Khoiratun Nikmah, 2024: Implementasi Pembelajaran IPA Berbasis Kurikulum Merdeka Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas VII di SMP Negeri 1 Wringin
Kata kunci: Kurikulum Merdeka, Pembelajaran IPA
Kurikulum merdeka merupakan kurikulum dengan pembelajaran intrakulekuler yang beragam, Pada kurikulum merdeka peserta didik diberikan keleluasaan untuk berpikir kritis, inovatif dan produktif.
Fokus penelitian ini yaitu 1) Bagaimana Pendahuluan Pembelajaran IPA berbasis Kurikulum Merdeka Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup di SMP N 1 Wringin? 2) Bagaimana Pelaksanaan Pembelajaran IPA berbasis Kurikulum Merdeka Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup di SMP N 1 Wringin? 3) Bagaimana Evaluasi Pembelajaran IPA berbasis Kurikulum Merdeka Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup di SMP N 1 Wringin?
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan model Miles dan Huberman terdiri dari: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk keabsahan data peneliti menggunakan Teknik triangulasi data, yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu: 1) Pada perencanaan guru membuat modul ajar sendiri secara mandiri dan menyesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan peserta didik serta lingkungannya. Pada tahap ini guru juga mengikuti webinar dan pelatihan-pelatihan yang berkaitan dengan kurikulum merdeka. 2) Pelaksanaan pembelajaran IPA berbasis kurikulum merdeka terdiri dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Kegiatan ini sesuai dengan modul ajar yang dibuat oleh guru. 3) pada kegiatan evaluasi guru menggunakan instrument evaluasi yang sesuai dengan kebutuhan siswa dalam konteks pembelajaran. Guru menggunakan penilaian formatif yang dilakukan di akhir pembelajaran dan penilaian sumatif yang dilakukan setelah satu fase pembelajaran berakhir.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Khoiratun Nikmah
Date Deposited: 14 Jun 2024 02:02
Last Modified: 04 Jul 2024 02:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33251

Actions (login required)

View Item View Item