Pengembangan media pembelajaran Powerpoint interaktif berbasis Artificial Intelligence (AI) Dan Canva pada Materi Keragaman Suku Budaya Di Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Al-Hidayah Mangli Jember

Istiqomah, Najah (2024) Pengembangan media pembelajaran Powerpoint interaktif berbasis Artificial Intelligence (AI) Dan Canva pada Materi Keragaman Suku Budaya Di Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Al-Hidayah Mangli Jember. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text (SK - 041 - PGMI - 2024)
SKRIPSI NAJAH ISTIQOMAH (201101040028) FIX.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (27MB)

Abstract

Kata Kunci : Powerpoint Interaktif, Artificial Intelligence, Canva, Keragaman
Suku Budaya.

Guru sebagai pendidik yang memiliki peran sentral dalam
pengimplementasian kurikulum perlu melakukan berbagai inovasi pada proses pembelajaran, terutama dalah hal penggunaan media pembelajaran. Media pembelajaran diperlukan dalam proses pembelajaran agar tercipta suasana pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan. Pada era Society 5.0, guru
dituntut untuk melakukan inovasi pada media pembelajaran terutama yang berbasis teknologi. Media pembelajaran powerpoint interaktif adalah media pembelajaran yang berbentuk slide interaktif yang dapat memberikan rangsangan
pada peserta didik agar terjadi umpan balik serta interaksi aktif antara media dan peserta didik. Karakter animasi yang terdapat pada media powerpoint interaktif dibuat menggunakan teknologi yaitu program Artificial Intelligence (AI) dan
media didesain menggunakan aplikasi Canva. Rumusan masalah dalam penelitian dan pengembangan ini adalah: 1)
Bagaimana desain pengembangan media pembelajaran powerpoint interaktif berbasis AI dan Canva pada materi keragaman suku budaya di kelas III Madrasah Ibtidaiyah Al-Hidayah Mangli Jember?, 2) Bagaimana kelayakan pengembangan media pembelajaran powerpoint interaktif berbasis AI dan Canva pada materi keragaman suku budaya di kelas III Madrasah Ibtidaiyah Al-Hidayah Mangli Jember?. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah: 1) Untuk menghasilkan produk yang berupa media pembelajaran powerpoint interaktif berbasis AI dan Canva pada materi keragaman suku budaya di kelas III Madrasah Ibtidaiyah Al-Hidayah Mangli Jember, 2) Untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran powerpoint interaktif berbasis AI dan Canva pada materi keragaman suku budaya di kelas III Madrasah Ibtidaiyah Al-Hidayah Mangli Jember.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model ADDIE dengan tahapan Analysis (analisis), Design (perancangan), Development (pengembangan), Implementation (penerapan) dan Evaluation (evaluasi). Subjek uji coba dalam penelitian ini diantaranya ahli media, ahli materi, ahli pembelajaran PPKN (guru kelas IIIA) dan peserta didik kelas IIIA Madrasah Ibtidaiyah Al-Hidayah Mangli Jember. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dokumentasi serta angket.
Hasil penelitian dan pengembangan ini menunjukkan bahwa (1) Produk yang dihasilkan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah media pembelajaran powerpoint interaktif berbasis artificial intelligence (AI) dan canva pada materi Keragaman Suku Budaya di kelas III Madrasah Ibtidaiyah Al-Hidayah Mangli Jember. (2)Kelayakan media pembelajaran powerpoint interaktif berbasis AI dan Canva yang dikembangkan sangat valid (layak) berdasarkan hasil angket uji validitas oleh 3 validator dan respon peserta didik kelas IIIA. Hasil
validasi dari ahli media sebesar 83% kategori sangat valid, hasil validasi dari ahli materi sebesar 88% kategori sangat valid dan hasil validasi dari ahli pembelajaran PPKN (guru kelas IIIA) sebesar 81% kategori sangat valid. Hasil rata-rata angket dari para validator menunjukkan presentase sebesar 84% kategori sangat valid (layak). Adapun hasil angket respon peserta didik pada uji coba skala kecil
sebesar 84% dan hasil angket respon peserta didik pada uji coba skala besar menunjukkan presentase sebesar 87%. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran powerpoint interaktif berbasis AI dan
Canva yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Najah Istiqomah -
Date Deposited: 14 Jun 2024 02:34
Last Modified: 03 Jul 2024 03:30
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33261

Actions (login required)

View Item View Item