INOVASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PENDIDIKAN BERBASIS APLIKASI SISTEM INFORMASI SANTRI DI PONDOK PESANTREN DARUSSALAM BLOKAGUNG BANYUWANGI

Ma'sum, Muhammad (2024) INOVASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PENDIDIKAN BERBASIS APLIKASI SISTEM INFORMASI SANTRI DI PONDOK PESANTREN DARUSSALAM BLOKAGUNG BANYUWANGI. Masters thesis, UIN KHAS Jember.

[img] Text
MUHAMMAD MA'SUM Watermarx.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Muhammad Ma’sum, 2024 : Inovasi Sistem Informasi Manajemen Pendidikan Berbasis Aplikasi Sistem Informasi Santri di Pondok Pesantren Darussalam Blokagung Banyuwangi. Tesis Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Universitas Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember. Pembimbing I: Dr. Hj. Erma Fatmawati, M.Pd.I Pembimbing II: Dr. Lailatul Usriyah, M.Pd.I
Kata Kunci: Sistem Informasi Manajemen Pendidikan, Aplikasi SI Santri Darussalam.

Dalam pengembangan dunia Pendidikan khususnya di pondok pesantren, informasi juga menjadi salah satu yang dipertimbangkan. Informasi yang diolah dalam pendidikan berupa sebuah sistem informasi. Pengembangan sistem informasi manajemen (SIM) di lembaga Pendidikan merupakan suatu keniscayaan. Mendesak untuk dilaksanakan dari segi kaharusan regulasi dan tuntutan kebutuhan Masyarakat. Dalam hal ini pesantren ditantang untuk menyikapi globalisasi secara kritis dan bijak.
Fokus Penelitian ini adalah: 1) Bagaimana proses inovasi Sistem Informasi Manajemen (SIM) di Pondok Pesantren Darussalam Blokagung Banyuwangi? 2) Bagaimana penggunaan aplikasi Sistem Informasi Santri (SIS) di Pondok Pesantren Darussalam Blokagung Banyuwangi? 3) Apa faktor pendukung dan faktor penghambat dalam penerapan Sistem Informasi Santri (SIS) di Pondok Pesantren Darussalam Blokagung Banyuwangi?. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses inovasi, penggunaan aplikasi SISANTRI, dan faktor pendukung dan penghambat penerapan aplikasi SISANTRI di Pondok Pesantren Darussalam Blokagung Banyuwangi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang menghasilkan data deskriptif, dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipatif, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi dan member chek. Analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil kesimpulan penelitian ini yaitu: 1) Proses inovasi sistem informasi manajemen (SIM) di pondok pesantren Darussalam Blokagung untuk memudahkan pelayanan wali santri sehingga terciptanya aplikasi Sistem Informasi Santri. 2) Untuk menggunakan aplikasi Sistem Informasi Santri yaitu mendownload aplikasi di play store, masuk ke aplikasi dan melakukan login dengan menggunakan nomor induk santri, tanggal lahir dan aplikasi siap digunakan sesuai dengan kegunaan fitur-fitur yang telah tersedia. 3) Faktor pendukung mendapatkan dukungan dari pengasuh, wali santri, alumni, dan pihak sektor bank serta Sumber Daya Manusia (SDM) Information Technology (IT) yang mewadahi, sedangkan faktor penghambat kurangnya pengetahuan wali santri tentang pengoperasian aplikasi Sistem Informasi Santri.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0806 Information Systems > 080609 Information Systems Management
Divisions: Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ma'sum muhammad ma'sum muhammad
Date Deposited: 14 Jun 2024 02:22
Last Modified: 14 Jun 2024 02:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33272

Actions (login required)

View Item View Item