Strategi Pengembangan Usaha Industri Untuk Meningkatkan Penjualan Kue Pia DC Jenggawah Kabupaten Jember

Munifa, Siti (2024) Strategi Pengembangan Usaha Industri Untuk Meningkatkan Penjualan Kue Pia DC Jenggawah Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siti Munifa _E20192164.pdf

Download (3MB)

Abstract

Siti Munifa, Moch Chotib, 2024: Strategi Pengembangan Usaha Industri Untuk Meningkatkan Penjualan Kue Pia DC Jenggawah Kabupaten Jember.

Kata Kunci : Strategi, Pengembangan Usaha.

Strategi merupakan aspek terpenting untuk meningkatkan penjualan pada produksi pia basah. Strategi merupakan serangkaian keputusan dan kegiatan mendasar yang dibuat oleh manajemen dan diimplementasikan oleh seluruh jajaran perusahaan dalam rangka mencapai tujuan perusahaan tersebut. Strategi adalah sebuah bentuk atau rencana mengintegrasikan tujuan-tujuan utama, kebijakan dan rangkaian tindakan dalam suatu perusahaan menjadi suatu kesatuan yang utuh. Strategi yang diformulasikan baik akan membantu penyusunan serta pengalokasian sumber daya yang dimiliki perusahaan menjadi suatu bentuk yang unik dan dapat bertahan dengan berkelanjutan.
Fokus penelitian pada skripsi ini yaitu 1) Bagaimana strategi pengembangan usaha industri untuk meningkatkan penjualan kue pia DC di Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember? Dan 2) Apa faktor pendukung dan penghambat strategi pengembangan usaha industri untuk meningkatkan penjualan kue pia DC di Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember?
Tujuan penelitian pada skripsi ini yaitu 1) Untuk menganalisis strategi pengembangan usaha industri untuk meningkatkan penjualan kue pia DC di Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember 2) Untuk menganalisis faktor pendukung dan penghambat strategi pengembangan usaha industri untuk meningkatkan penjualan kue pia DC di Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember.
Untuk mengidentifikasi fokus penelitian tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field reseach). Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber (data).
Kesimpulan dari penelitian ini adalah 1) Strategi pengembangan usaha industri untuk meningkatkan penjualan kue pia DC di Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember dalam mengembangkan usahanya, perusahaan pia DC berupaya untuk berinovasi dalam menambah varian macam rasa pia serta menambah varian macam-macam roti untuk menarik daya beli konsumen. Selain itu perusahan ini juga mengatur strategi untuk memperluas pemasaran, mengembangkan kualitas produk, serta membuka cabang usaha agar penjualan perusahaan semakin meningkat dan berkembang dengan stabil. 2) Faktor pendukung strategi pengembangan usaha industri untuk meningkatkan penjualan kue pia DC di Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember yang memadai perusahaan dalam menjalankan strateginya seperti transportasi, teknologi, dan bahan baku. Sedangkan faktor penghambat perusahaan kue pia DC kurangnya tingkat dalam mempromosikan produk sehingga dapat memicu pada persaingan promosi dalam memasarkan produknya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: ms siti munifa
Date Deposited: 14 Jun 2024 06:32
Last Modified: 14 Jun 2024 06:32
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33300

Actions (login required)

View Item View Item