Pengembangan e-modul IPA terpadu berbasis kearifan lokal tari pethik kopi Bondowoso sebagai pendukung pembelajaran materi sistem gerak manusia di SMP/MTs

Muntastiroh, Hafidhotul (2024) Pengembangan e-modul IPA terpadu berbasis kearifan lokal tari pethik kopi Bondowoso sebagai pendukung pembelajaran materi sistem gerak manusia di SMP/MTs. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Hafidhotul Muntastiroh_202101100032.pdf

Download (19MB)

Abstract

Kata Kunci: Bahan Ajar, Tari Pethik Kopi, Sistem Gerak Manusia

Materi IPA dianggap sulit oleh siswa, karena bahan ajar yang digunakan selama pembelajaran hanya buku paket. Metode pembelajaran menggunakan metode ceramah sehingga kurang menarik minat belajar siswa. Fasilitas yang terdapat di sekolah kurang dimanfaatkan oleh guru, karena kurangnya kreatifitas guru dalam menciptakan bahan ajar. Berdasarkan hasil observasi bahan ajar berbasis elektronik dan terintegrasi kearifan lokal tari pethik kopi belum pernah digunakan.
Rumusan masalah penilitian ini yaitu 1) Bagaimana pengembangan e-modul IPA terpadu berbasis kearifan lokal tari pethik kopi Bondowoso, 2) Bagaimana uji kelayakan e-modul IPA terpadu berbasis kearifan lokal tari pethik kopi Bondowoso, 3) Bagaimana hasil implementasi e-modul IPA terpadu berbasis kearifan lokal tari pethik kopi bondowoso sebagai pendukung pembelajaran materi sistem gerak manusia. Tujuan penelitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui proses pengembangan, 2) Untuk mengetahui kelayakan, 3) Untuk mengetahui hasil implementasi e-modul IPA terpadu berbasis kearifan lokal tari pethik kopi Bondowoso sebagai pendukung pembelajaran materi sistem gerak manusia kelas VIII.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Reseacrh and Development (R&D) dengan model pengembangan Model Of Education Reconstruction (MER) yaitu produk rekontruksi yang dimulai, dari proses klarifikasi konten sains terkait gerakan pada tari pethik kopi. Subjek penelitian terdiri dari validator ahli materi, media, pengguna, dan siswa kelas VIII. Teknik analisis data secara kualitatif dan kuantitatif dengan perhitungan validitas kontent menggunakan Content Validation Index (CVI) dan perhitungan presentase pada respon dan validasi pengguna. Lokasi penelitian di SMP Negeri 1 Jambesari Darus Sholah.
Hasil penelitian ini menunjukkan 1) Proses pengembangan menggunakan Model of Educational Reconstruction (MER) melalui tiga komponen yaitu (1) Klarifikasi dan analisis konten sains (Tahapan analisa kurikulum, analisa konten sains, dan analisa prakonsepsi), (2) Penelitian pada proses pembelajaran, (3) Evaluasi dan Redesign. 2) Produk dinyatakan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Hal tersebut dibuktikan dengan: (1) Hasil validasi ahli materi 0,87 (layak), media 0,89 (layak), praktisi 90,99% (Sangat valid), dan respon siswa 88,69% (Sangat valid). 3) Hasil implementasi produk membuat siswa lebih antusias dan aktif selama pembelajaran, sehingga pemahaman siswa terkait materi lebih meningkat dan mampu membuat suasana belajar lebih menyenangkan dan proses pembelajaran siswa lebih bermakna.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0606 Physiology > 060699 Physiology not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Mrs Hafidhotul Muntastiroh
Date Deposited: 14 Jun 2024 08:44
Last Modified: 14 Jun 2024 08:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33309

Actions (login required)

View Item View Item