Pengembangan media kantong perkalian Mata Pelajaran Matematika Kelas II di Sekolah Dasar Baiturrohman Mangli Jember Tahun Pelajaran 2023/2024

Amalia, Rizki (2024) Pengembangan media kantong perkalian Mata Pelajaran Matematika Kelas II di Sekolah Dasar Baiturrohman Mangli Jember Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text (SK - 015 - PGMI - 2024)
RIZKI AMALIA_201101040032_SKRIPSI .pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (12MB)

Abstract

Kata Kunci : Kantong Perkalian, Matematika, Perkalian
Sebagai seorang pendidik kita dituntut untuk menjadi kreatif dalam kegiatan belajar mengajar dengan tujuan agar peserta tidak bosan dan aktif saat proses pembelajaran, dengan adanya pengembangan media pembelajaran akan membawa dampak positif bagi peserta didik. Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang digunakan untuk menyalurkan pesan, sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan dan kemauan peserta didik sehingga mendorong terciptanya proses pembelajaran yang baik untuk menambah informasi dan ilmu pengetahuan yang telah disampaikan oleh pendidik sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Pada penelitian kali ini peneliti mengembangkan media pembelajaran Kantong Perkalian, dengan media kantong perkalian ini diharapkan dapat memotivasi peserta didik dalam proses pembelajaran. Media Kantong Perkalian adalah sebuah alat yang terbuat dari bahan dasar triplek yang berbentuk persegi panjang dan dilapisi kain flannel.
Dalam pengembangan media pembelajaran Kantong Perkalian ini memiliki beberapa rumusan masalah yang terdiri dari : (1) Bagaimana desain pengembangan media kantong perkalian mata pelajaran matematika kelas II di Sekolah Dasar Baiturrohman Mangli Jember Tahun Pelajaran 2023/2024. (2) Bagaimana kelayakan media kantong perkalian mata pelajaran matematika kelas II di Sekolah Dasar Baiturrohman Mangli Jember Tahun Pelajaran 2023/2024.
Adapaun tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui desain pengembangan media kantong perkalian mata pelajaran matematika kelas II di sekolah Dasar Baiturrohman Mangli Jember tahun pelajaran 2023/2024. (2) Untuk mengetahui kelayakan media kantong perkalian mata pelajaran matematika kelas II di sekolah dasar Baiturrohman Mangli Jember tahun pelajaran 2023/2024.
Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (RnD). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas II di SD Baiturrohman Mangli Jember yang berjumlah 18 siswa. Produk akhir dari pengembangan ini adalah media Kantong Perkalian. Pengembangan media ini dilakukan validasi ke ahli validator yaitu validator ahli media, validator ahli materi, dan validator ahli pembelajaran.
Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa tingkat validitas media pembelajaran kantong perkalian menunjukkan rata-rata presentase sebesar 91% yang artinya media pembelajaran kantong perkalian dikategorikan sangat layak. (1) Proses pengembangan Media Kantong Perkalian menggunakan model ADDIE yaitu tahap analisis dengan melakukan observasi dan wawancara, tahap desain dilakukan dengan membuat desain media kantong perkalian, tahap development melakukan validasi kepada tiga validator ahli, yaitu ahli media, ahli materi, dan ahli pembelajaran, tahap implementasi dilakukan dengan 18 peserta didik, tahap evaluasi yaitu kesimpulan produk dengan aspek kevalidan, dan kelayakan. (2) Hasil kelayakan media Kantong Perkalian oleh validayor ahli media mendapat presentase sebesar 94% dengan kategori sangat layak, oleh validator ahli materi presentase sebesar 95% dengan kategori sangat layak, dan oleh validator ahli pembelajaran presentase sebesar 86% dengan kategori sangat layak. Sedangkan analisis respon peserta didik diukur dengan menggunakan angket respon siswa terhadap media pembelajaran kantong perkalian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs Rizki Amalia
Date Deposited: 14 Jun 2024 06:50
Last Modified: 02 Jul 2024 06:13
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33317

Actions (login required)

View Item View Item