Pembentukan identitas mengajar seorang calon guru IPA melalui pengalaman belajar IPA dan program pengenalan lapangan pendidikan (PLP)

Istiqomah, Cahyani (2024) Pembentukan identitas mengajar seorang calon guru IPA melalui pengalaman belajar IPA dan program pengenalan lapangan pendidikan (PLP). Undergraduate thesis, Universitas Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-009-IPA-2024)
CAHYANI ISTIQOMAH_202101100037.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Kata kunci : Identitas Mengajar, Calon Guru IPA, Pengalaman Belajar IPA,
PLP.
Penelitian ini mendeskripsikan pengajaran pertama calon guru IPA di
kelas formal serta efektivitas Program Pengenalan Lapangan Pendidikan (PLP)
dalam pembentukan identitas mengajar. Identitas yang dimiliki calon guru dapat
membantu mengarahkan kepada tujuan dan membimbing calon guru dalam
mengajar maupun karir mereka. Dengan memahami identitasnya calon guru akan
dapat mengambil langkah yang jelas dalam proses mengajar yang akan dilakukan.
Fokus penelitian ini yaitu 1) Bagaimana calon guru IPA dalam
melaksanakan pengajaran pertama di kelas formal?, 2) Bagaimana pembentukan
identitas mengajar seorang calon guru IPA dalam empat kompetensi guru melalui
pengalaman belajar IPA dan program PLP?. Tujuan Penelitian ini yaitu 1) Untuk
mengetahui calon guru IPA dalam melaksanakan pengajaran pertama di kelas
formal. 2) Untuk mengetahui pembentukan identitas mengajar seorang calon guru
IPA melalui pengalaman belajar IPA dan program PLP.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan auto
etnografi, di mana penulis merefleksikan pengalamannya sendiri sebagai calon
guru dalam Program PLP. Melalui analisis naratif dan refleksi mendalam, penulis
mengidentifikasi proses transformasi pribadi dan profesional yang terjadi selama
program PLP. Teknik pengumpulan data dengan narasi dan refleksi pengalaman
peneliti. Teknik analisis yang digunakan yaitu Milles dan Huberman memberikan
gambaran analisis pada penelitian kualitatif yang terdiri atas pengumpulan data,
reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Untuk tahap
keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi teknik,
triangulasi sumber dan triangulasi waktu.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pengajaran pertama di
kelas formal calon guru memulai dengan persiapan yang matang termasuk
mengkaji materi, penggunaan sebagai sumber belajar dan latihan mengajar
mandiri penting dalam membangun keterampilan mengajar seorang calon guru.
Pembentukan identitas mengajar seorang calon guru IPA dalam empat kompetensi
guru melalui pengalaman belajar IPA dan program pengenalan lapangan
pendidikan mencakup empat kompetensi dasar, yaitu komptensi pedagogik,
kepribadian, sosial, dan profesionalisme. Namun, masih terdapat aspek yang
belum tercapai sepenuhnya, yaitu komptensi profesionalisme

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
21 HISTORY AND ARCHAEOLOGY > 2102 Curatorial and Related Studies > 210299 Curatorial and Related Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Mrs Cahyani Istiqomah
Date Deposited: 19 Jun 2024 07:22
Last Modified: 04 Jul 2024 03:23
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33334

Actions (login required)

View Item View Item