Tradisi Sedekah Subuh di Pondok Pesantren Al-Falah Klompangan Ajung Jember (Studi Living Hadis)

Anwar, Risqi Nuril (2024) Tradisi Sedekah Subuh di Pondok Pesantren Al-Falah Klompangan Ajung Jember (Studi Living Hadis). Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
RISQI NURI ANWAR_201104020017.pdf

Download (4MB)

Abstract

Sedekah subuh mempunyai keutamaan spiritual dalam agama Islam. Dengan demikian, sedekah pada waktu subuh tidak hanya membawa manfaat materi, tetapi juga memiliki dimensi spiritual yang mendalam dapat meningkatkan ketaatan dan ketakwaan seseorang kepada Allah SWT. sedekah subuh adalah sedekah yang biasa dilakukan pada waktu subuh, tepatnya waktu subuh atau sebelum matahari muncul. Di Pondok Pesantren Al-Falah Klompangan Ajung Jember, sedekah Subuh dilakukan setelah shalat Subuh berjama’ah. penelitian ini dilakukan dengan jenis penelitian kualitatif, yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis filed research (penelitian lapangan). Penulis menggunakan teori konstruksi sosial yang dikemukakan oleh Peter L. Berger dan Thomas Luckmann. untuk menganalisa tipe tindakan sosial dari pemahaman santri terhadap tradisi sedekah subuh. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: 1) sejarah awal adanya praktik santri sedekah subuh di Pondok Pesantren Al-Falah Klompangan Ajung Jember. berawal dari keutamaan-keutamaan yang di pahami oleh Pengasuh Pondok Pesantren dan berlandaskan hadis Nabi Muhammad SAW. 2) Pelaksanaan sedekah subuh di awali setiap hari jum’at setelah shalat subuh, sebagai latihan serta pengenalan kepada santri terkait sedekah subuh, setelah beberapa bulan kemudian tradisi sedekah subuh yang awalnya diadakan seminggu sekali sekarang dirubah menjadi kegiatan harian santri, pelaksanaanya dilakukan setelah selesai shalat subuh berjama’ah bertempat di Mushalla Pondok putri Al-Falah Klompangan Ajung Jember.3)santri memahami adanya sedekah subuh di Pondok Pesantren dapat memperlancar rezeqi dan segala urusannya di permudah.
Kata Kunci ; Santri, Sedekah Subuh

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1699 Other Studies in Human Society > 169999 Studies in Human Society not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Hadits
Depositing User: Risqi Nuril Anwar
Date Deposited: 19 Jun 2024 02:52
Last Modified: 19 Jun 2024 02:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33348

Actions (login required)

View Item View Item