PERAN GURU KELAS DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI KETERAMPILAN PESERTA DIDIK KI 4 PADA PEMBELAJARAN TEMATIK ERA NEW NORMAL MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL AL-HAROMAIN MOJOSARI KECAMATAN PUGER KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Damayanti, Puput (2022) PERAN GURU KELAS DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI KETERAMPILAN PESERTA DIDIK KI 4 PADA PEMBELAJARAN TEMATIK ERA NEW NORMAL MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL AL-HAROMAIN MOJOSARI KECAMATAN PUGER KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
PUPUT DAMAYANTI_T20174075.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Puput Damayanti, 2021: Peran Guru Kelas dalam Meningkatkan Kompetensi Keterampilan KI4 Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Era New Normal Di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Al-Haromain Mojosari Kecamatan Puger Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2021/2022.

Kompotensi keterampilan KI4 menarik untuk diteliti karena sudah diterapkan di MI Nurul Al-Haromain pada era new normal ini. Keterampilan ini sangat penting untuk peserta didik khususnya pada masa pandemi. Keterampilan ini diterapkan di MI Nurul Al-Haromain karena memberikan kepada siswa agar terlihat langsung atau bersikap aktif selama proses pembelajaran, memotivasi belajar siswa dan peserta didik lebih mengerti dengan melakukan suatu aktivitas sesuai dengan tuntutan kompetensi.
Fokus yang dikaji dalam penelitian ini ada 2 yaitu, 1) Bagaimana peran guru kelas meningkatkan kompetensi keterampilan siswa? 2) Apa faktor penghambat pendukung guru kelas dalam meningkatkan kompetensi keterampilan siswa? Adapun tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peran guru kelas dalam meningkatkan kompetensi keterampilan peserta didik KI4 Era New Normal pada pembelajaran tematik pada masa pandemi covid-19 dan mengetahui faktor penghambat dan pendukung guru kelas dalam meningkatkan kompetensi keterampilan peserta didik KI4 pada pembelajaran tematik Era New Normal di MI Nurul Al-Haromain Mojosari, Puger, Jember Tahun Pelajaran 2021/2022.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya sthudi kasus. Sumber data penentuan subyek penelitian ini menggunakan teknik Purposive, yaitu teknik pemilihan informan yang dipandang dapat bisa memberikan informasi yang dibutuhkan sesuai dengan tujuan dalam penelitian, informan pada penelitian ini adalah Kepala madrasah, Guru Kelas III dan Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Al-Haromain Mojosari, Puger,Jember. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif dari Mattew, Hubberman dan Johny Saldana yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan menggunakan triangulasi teknik, sumber.
Hasil dari penelitian peran guru kelas meningkatkan kompentensi keterampilan siswa pada masa pandemi covid-19 di MI Nurul Al-Haromain Mojosari Puger Jember Tahun Pelajaran 2021/2022 ini adalah 1) Peran guru dalam meningkatkan keterampilan siswa KI4 ada enam yaitu peran guru sebagai pengajar yaitu mendidik dan mengajar, peran guru sebagai pembimbing yaitu memberikan arahan siswa, peran guru sebagai evaluator yaitu guru dituntut untuk menjadi evaluator yang baik dan jujur, peran guru sebagai model/contoh yang baik untuk para peserta didiknya agar dapat mencontoh dan meniru hal-hal yang baik dan peran guru sebagai kreativitas untuk mendorong peserta didik menjadi kreatif untuk mencapai tujuan. faktor penghambatnya adalah fokus peserta didik terganggu dan waktu belajar yang terbatas. Dan faktor pendukung yang membantu guru dalam meningkatkan keterampilan siswa dalam pembelajaran tematik di masa pandemi covid 19 adalah dengan adanya dukungan dari orang tua sekaligus memotivasi untuk belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Puput Damayanti
Date Deposited: 20 Jun 2024 07:05
Last Modified: 12 Jul 2024 03:20
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33368

Actions (login required)

View Item View Item