Al ayyubi, Ach Zaini (2024) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DI LUAR KELAS ( OUTDOOR ACTIVITIES ) DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGANNYA PADA KELAS VII DI SMPN 2 BANGSALSARI. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.
Text (SK-008-IPA-2024)
ZEIN Skripsi (wm).pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
ACH ZAINI AL AYYUBI, 2024: Efektivitas Pembelajaran di Luar Kelas
(Outdoor Activities) dalam Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar pada
Materi Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungannya pada Kelas VII di SMPN
2 Bangsalsari.
Kata Kunci: Pembelajaran di Luar kelas (Outdoor Activities), Keaktifan, Hasil
Belajar.
Proses pembelajaran di SMPN 2 Bangsalsari menunjukkan adanya
kebosanan dan kurangnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran ilmu
pengetahuan alam, terutama IPA. Metode pengajaran yang dominan adalah
ceramah dan tanya jawab di kelas, dengan sedikit interaksi aktif dari siswa.
Kondisi ini menyebabkan prestasi belajar siswa rendah dan kurang memenuhi
standar kelulusan. Untuk mengatasi hal ini, salah satu pendekatan yang diambil
adalah menggunakan kegiatan di luar ruangan, atau aktivitas di alam terbuka,
untuk memberikan pengalaman langsung kepada siswa. Dalam pembelajaran IPA,
topik yang dipelajari adalah Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungannya,
yang mencakup aspek-aspek faktual dan konseptual.
Rumusan masalah yang dipilih peneliti dalam penelitian ini adalah
bagaimana efektivitas pembelajaran di luar kelas (outdoor activities) dalam
meningkatkan keaktifan dan hasil belajar pada materi interaksi makhluk hidup
dengan lingkungannya pada kelas VII di SMPN 2 Bangsalsari. Sedangkan tujuan
dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran di luar kelas
(outdoor activities) dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar pada materi
interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya pada kelas VII Di SMPN 2
Bangsalsari.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan
metode penelitian eksperimen untuk mengevaluasi dampak dari treatment
(perlakuan). Adapun desain yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan pola
desain nonequivalent control group. Pengambilan sampel dari populasi
menggunakan teknik Purposive Sampling yaitu kelas VII A yang berjumlah 25
siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B yang berjumlah 25 siswa sebagai
kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Teknik
analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji Independent
Sampel Mann withney. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskripstif
dan statistik inferensial.
Berdasarkan hasil Mann withney pada angket keaktifan belajar siswa
diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 artinya Ho ditolak dan Ha diterima.
Sedangkan pada hasil belajar melalui nilai Posttest memiliki nilai signifikansi
0,000 artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat
pengaruh yang signifikan dalam penerapan pembelajaran di luar kelas (outdoor
activities) terhadap keaktifan dan hasil belajar materi Getaran dan Gelombang
pada peserta didik kelas VII SMPN 2 Bangsalsari Jember.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130203 Economics, Business and Management Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA |
Depositing User: | Mr Ach Zaini Al Ayyubi |
Date Deposited: | 19 Jun 2024 02:49 |
Last Modified: | 04 Jul 2024 02:31 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33372 |
Actions (login required)
View Item |