Pengaruh Motivasi, Disiplin Kerja dan Kepemimpinan Transformasional Terhadap Kinerja Karyawan Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Perkebunan Kahyangan Jember

Amalia, Zakiyah (2024) Pengaruh Motivasi, Disiplin Kerja dan Kepemimpinan Transformasional Terhadap Kinerja Karyawan Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Perkebunan Kahyangan Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-118-ES-2024)
Zakiyah Amalia_204105020093.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Zakiyah Amalia, 2024: Pengaruh Motivasi, Disiplin Kerja dan Kepemimpinan Transformasional Terhadap Kinerja Karyawan Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Perkebunan Kahyangan Jember.
Kata Kunci : Motivasi, Disiplin, Kepemimpinan Transformasional, Kinerja Karyawan
Sumber daya manusia memiliki peran yang sangat penting dalam menggerakan dan menentukan keberhasilan perusahaan. Oleh karena itu dibutuhkan efektivitas kinerja karyawan yang didukung oleh motivasi, disiplin kerja dan kepemimpinan transfomasional. Kabupaten Jember melalui Perumda Perkebunan Kahyangan Jember telah meminimalisir tingkat kerugian perusahaan dengan meningkatkan kinerja, manajemen dan kepemimpinan yang sesuai dengan tujuan BUMD.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu 1) Apakah motivasi kerja berpengaruh secara parsial terhadap kinerja karyawan Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Perkebunan Kahyangan Jember?, 2) Apakah disiplin kerja berpengaruh secara parsial terhadap kinerja karyawan Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Perkebunan Kahyangan Jember?, 3) Apakah kepemimpinan transformasional berpengaruh secara parsial terhadap kinerja karyawan Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Perkebunan Kahyangan Jember?, 4) Apakah motivasi, disiplin kerja dan kepemimpinan transformasional berpengaruh secara simultan terhadap kinerja karyawan Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Perkebunan Kahyangan Jember?.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui 1) Pengaruh secara parsial motivasi kerja terhadap kinerja karyawan Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Perkebunan Kahyangan Jember. 2) Pengaruh secara parsial disiplin kerja terhadap kinerja karyawan Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Perkebunan Kahyangan Jember. 3) Pengaruh secara parsial kepemimpinan transformasional terhadap kinerja karyawan Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Perkebunan Kahyangan Jember. 4) Pengaruh secara simultan motivasi, disiplin kerja dan kepemimpinan transformasional terhadap kinerja karyawan Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Perkebunan Kahyangan Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis survei. Populasi yang digunakan adalah seluruh karyawan Perumda Perkebunan Kahyangan Jember yang berjumlah 48 orang. Analisis data dilakukan melalui uji instrumen penelitian, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis penelitian.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial disiplin kerja memiliki pengaruh yang positif dan paling besar dibanding kedua variabel independen lainnya dengan nilai signifikansi sebesar 0,001. Hal ini dikarenakan ketaatan yang dilakukan seorang karyawan akan menunjukkan tingkat kedisiplinan yang baik. Sedangkan secara simultan ketiga variabel terbukti memiliki hubungan yang positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan sebesar 0,000 < 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150305 Human Resources Management
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150311 Organisational Behaviour
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mrs Zakiyah Amalia
Date Deposited: 19 Jun 2024 07:58
Last Modified: 11 Jul 2024 07:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33379

Actions (login required)

View Item View Item