Penerapan Akuntansi Keuangan Pada Yayasan Pendidikan SMP Plus Zainul Ulum Desa Klompangan Kecamatan Ajung Kabupaten Jember

Rahayu, Yeti (2024) Penerapan Akuntansi Keuangan Pada Yayasan Pendidikan SMP Plus Zainul Ulum Desa Klompangan Kecamatan Ajung Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Yeti Rahayu_204105030020.pdf

Download (6MB)

Abstract

Yeti Rahayu, M.F. Hidayatullah 2024: Penerapan Akuntansi Keuangan Pada Yayasan Pendidikan SMP PLUS ZAINUL ULUM Desa Klompangan Kecamatan Ajung Kabupaten Jember.
Kata Kunci : Akuntansi Keuangan, Laporan Keuangan, ISAK 35
Yayasan pendidikan harus menggunakan dana seefektif dan seefesien mungkin demi meningkatkan kualitas pelayanan sekolah tersebut. Pencatatan akuntansi yang menghasilkan laporan keuangan tersebut nantinya akan memberikan informasi dalam ukuran uang untuk digunakan nantinya sebagai alat pengambilan keputusan. Laporan Keuangan Organisasi Nirlaba menurutt Ikatan Akuntansi Indonesia menggunakan Standar Akuntansi Keuangan yaitu Interpretasi Standar Akuntansi Keuangan (ISAK) 35 yang meliputi laporan posisi keuangan, laporan penghasilan komprehensif, laporan perubahan aset neto, laporan arus kas dan catatan atas laporan keuangan.
Fokus penelitian yaitu: 1. Bagaimana proses pencatatan laporan keuangan pada Yayasan Pendidikan SMP Plus Zainul Ulum di Desa Klompangan Kecamatan Ajung Kabupaten Jember? 2. Apakah akuntansi yang diterapkan oleh Yayasan Pendidikan SMP Plus Zainul Ulum di Desa Klompangan Kecamatan Ajung Kabupaten Jember sudah sesuai dengan Interpretasi Standar Akuntansi Keuangan (ISAK) 35?
Tujuan dari penelitian ini yaitu : 1. Untuk mengetahui bagaimana proses pencatatan laporan keuangan pada Yayasan Pendidikan SMP Plus Zainul Ulum 2. Untuk mengetahui bagaimana penerapan akuntansi keuangan dan kesesuaiannya dengan Interpretasi Standar Akuntansi Keuangan (ISAK) 35 pada Yayasan Pendidikan SMP Plus Zainul.
Pendekatan yang digunakan peneliti adalah pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini, informasi yang diperoleh dianalisis secara kualitatif (nonkuantitatif). Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Jenis penelitian ini mengumpulkan informasi berupa gambar atau kata-kata, yang kemudian dideskripsikan dengan cara yang mudah dipahami orang lain.
Proses akuntansi yang dilakukan di Yayasan Pendidikan SMP Plus Zainul Ulum menunjukkan bahwa sistem pencatatan yang digunakan masih sederhana dan belum sepenuhnya memenuhi standar akuntansi yang berlaku secara umum, terutama terkait dengan pedoman laporan keuangan ISAK 35 yang dikeluarkan oleh IAI. Berdasarkan analisis yang dilakukan, terdapat kesimpulan penting dapat diambil: Yayasan Pendidikan SMP Plus Zainul Ulum belum sepenuhnya mematuhi ISAK 35, Proses pencatatan keuangan yang masih sederhana menunjukkan perlunya peningkatan dalam sistem akuntansi untuk mencapai kepatuhan penuh terhadap standar yang berlaku.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150103 Financial Accounting
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150104 International Accounting
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150116 Educational Accounting
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Ms Yeti Rahayu
Date Deposited: 19 Jun 2024 06:44
Last Modified: 19 Jun 2024 06:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33397

Actions (login required)

View Item View Item