Analisis SWOT Daya Saing Usaha Kopi Kenangan di Kabupaten Jember

Ayuba, Sarah Martha (2024) Analisis SWOT Daya Saing Usaha Kopi Kenangan di Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SARAH MARTHA AYUBA_ES_204105020096.pdf

Download (3MB)

Abstract

Sarah Martha Ayuba, Dr. Nikmatul Masruroh, S.H.I., M.E.I. 2024: Analisis SWOT Daya Saing Usaha Kopi Kenangan di Kabupaten Jember
Kata Kunci: Analisis SWOT, Daya Saing, Strategi Bersaing
Analisis SWOT merupakan salah satu pendekatan yang digunakan sebagai perangkat dalam penetapan strategi dasar. SWOT merupakan metode perancangan model, serta pengembangan bisnis yang digunakan untuk mengetahui kekuatan (Strenght), kelemahan (Weakness), peluang (Opportunity) dan ancaman (Threats) pada suatu proyek atau bisnis. Daya saing adalah kemampuan suatu produk untuk dapat masuk pada pasar luar dan mampu untuk terus bertahan dalam pasar tersebut. Diperlukannya analisis SWOT daya saing pada Kopi Kenangan sehingga diketahui posisi Kopi Kenangan dan strategi yang harus dilakukan.
Fokus penelitian yang peneliti lakukan yaitu, 1) Bagaimana daya saing usaha Kopi Kenangan di Kabupaten Jember? 2) Bagaimana analisis SWOT daya saing usaha Kopi Kenangan di Kabupaten Jember?
Tujuan penelitian ini yaitu 1) Untuk mendeskripsikan daya saing Kopi Kenangan di Kabupaten Jember. 2) Untuk menganalisis daya saing usaha Kopi Kenangan dengan menggunakan analisis SWOT.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian berada di Kopi Kenangan Jalan Kalimantan, Desa Krajan Timur, Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember. Teknik penelitian ini menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif dan menggunakan keabsahan data triangulasi sumber.
Penelitian ini memperoleh hasil yaitu: 1) Strategi bersaing yang digunakan oleh Kopi Kenangan adalah strategi keunggulan biaya yaitu Kopi Kenangan memberikan harga yang kompetitif bagi para pelanggan dan strategi diferensiasi yaitu Kopi Kenangan menghadirkan produk yang produk tersebut tidak dimiliki oleh pesaingnya. 2) Analisis SWOT pada Kopi Kenangan yaitu kekuatan pada cita rasa yang unik, branding yang kuat, inovasi menu, pelayanan yang baik, dan harga terjangkau. Kelemahan yaitu ketatnya persaingan, adanya produk pengganti, ketergantungan bahan baku, penyajian inovasi produk tidak konsisten, bergantung pada tren. Peluang yaitu pasar kopi yang berkembang di Indonesia dan dunia, berekspansi ke pasar internasional, memanfaatkan perkembangan media digital, menghadirkan produk kopi ready to drink, kedai kopi yang nyaman dan instagrammable. Ancaman yaitu banyak pendatang baru, terbatasnya lahan pada lokasi strategis, adanya perubahan regulasi dari pemerintah yang memengaruhi pasar kopi, adanya tingkat inflasi, tren dan gaya hidup yang cepat berubah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140199 Economic Theory not elsewhere classified
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150304 Entrepreneurship
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Sarah Martha Ayuba
Date Deposited: 20 Jun 2024 02:46
Last Modified: 20 Jun 2024 02:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33409

Actions (login required)

View Item View Item