PERAN BIRO PENDIDIKAN KARAKTER PESANTREN DALAM MENANGANI MALADJUSTMENT PADA SANTRI BARU (Studi Deskriptif Di Pondok Pesantren Nurul Islam Jember)

Abdul Malik, Al Karim (2024) PERAN BIRO PENDIDIKAN KARAKTER PESANTREN DALAM MENANGANI MALADJUSTMENT PADA SANTRI BARU (Studi Deskriptif Di Pondok Pesantren Nurul Islam Jember). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ABDUL MALIK AL KARIM_204103030001.pdf

Download (2MB)

Abstract

Perubahan lingkungan menuntut individu melakukan penyesuaian diri agar mampu terus menjalankan proses kehidupan yang sedang ditempuh. Individu yang tidak mampu melakukan penyesuaian diri dengan baik ini disebut dengan Maladjustment. Hal ini juga berlaku bagi santri yang secara nyata menghadapi perubahan lingkungan, termasuk juga santri di Pondok Pesantren Nurul Islam Jember. Di Pesantren ini juga didapati santri yang mengalami Maladjustment. Untuk menyikapi fenomena ini dibentuk Biro Pendidikan Karakter. Penelitian berfokus pada peran yang dilakukan oleh Biro Pendidikan Karakter dalam menangani maladjustment dialami santri baru tahun ajaran 2023/2024 di Pondok Pesantren Nurul Islam
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : 1.) Bagaimana bentuk - bentuk maladjustment yang dialami oleh santri baru Pondok Pesantren Nurul Islam Jember?, 2.) Bagaimana peran Biro Pendidikan Karakter dalam menangani maladjsutment pada santri baru di Pondok Pesantren Nurul Islam Jember, 3.) Bagaimana santri dengan maladjustment setelah mendapat penanganan dari Biro Pendidikan Karakter. Tujuan penelitian ini antara lain 1.) untuk menggambarkan bentuk-bentuk maladjustment yang dialami oleh santri baru di Pondok Pesantren Nurul Islam Jember, 2.) Untuk mendeskripsikan peran Biro Pendidikan Karakter dalam menangani maladjustment pada santri baru, 3.) Untuk mengetahui bagaimana santri baru yang mengalami maladjustment setelah mendapatkan penanganan dari Biro Pendidikan Karakter.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang bersiat deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Pondok Pesantren Nurul Islam Jember. Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunaakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk memperoleh keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi metode.
Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa terdapat perilaku maladjustment yang dialami santri baru dengan tiga reaksi meliputi melarikan diri, bertahan, dan perilaku agresif. Penelitian ini juga memperoleh kesimpulan bahwa peran yang dilakukan oleh Biro Pendidikan karakter tercakup dalam program yang memiliki manfaat terhadap penanganan maladjustment pada santri baru. Peran yang dilakukan oleh Biro Pendidikan Karakter melalui program kerja yang ada berdasarkan penelitian ini memiliki manfaat dalam menangani maladjustment pada santri baru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160801 Applied Sociology, Program Evaluation and Social Impact Assessment
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Abdul Malik Al Karim Malik
Date Deposited: 19 Jun 2024 08:24
Last Modified: 19 Jun 2024 08:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33422

Actions (login required)

View Item View Item