Analisis Perhitungan Pendapatan Dan Hasil Pengembalian Atas Modal Usaha Tani Padi Di Dusun Sungai Tengah Desa Manggisan Tanggul Jember

Rohma, Holifatur (2024) Analisis Perhitungan Pendapatan Dan Hasil Pengembalian Atas Modal Usaha Tani Padi Di Dusun Sungai Tengah Desa Manggisan Tanggul Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Holifatur Rohma_NIM. 201105030008.pdf

Download (1MB)

Abstract

Holifatur Rohma, Dr. Nur Ika Mauliyah, S.E., M.Ak. 2024: ANALISIS PERHITUNGAN PENDAPATAN DAN HASIL PENGEMBALIAN MODAL USAHA TANI PADI DI DUSUN SUNGAI TENGAH DESA MANGGISAN TANGGUL JEMBER

Kata Kunci: Pendapatan, Hasil Pengembalian Atas Modal, Usaha Tani Padi

Semakin luas lahan pertanian maka akan semakin banyak pendapatan yang diperoleh, namun kecocokan lahan pertanian bergantung pada kondisi tanah di lokasi tanam. Seperti di Dusun Sungai Tengah Desa Manggisan Tanggul Jember yang mana lahan pertanian disana tergolong tinggi namun tanaman padi tetap bertahan dan ditanam karena merupakan salah satu mata pencaharian yang menjadi prioritas masyarakat disana. Petani padi di Dusun Sungai Tengah Desa Manggisan Tanggul Jember dalam menentukan upah buruh tani padi menggunakan sistem santrean dan sistem kedukan, yang mana kedua sistem itu sering dipakai oleh petani di lokasi tersebut.
Fokus penelitian skripsi ini adalah (1) Bagaimana perhitungan pendapatan usaha tani padi di Dusun Sungai Tengah Desa Manggisan Tanggul Jember dan (2) Bagaimana perhitungan hasil pengembalian atas modal usaha tani padi di Dusun Sungai Tengah Desa Manggisan Tanggul Jember.
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk menganalisis dan menghitung pendapatan usaha tani padi di Dusun Sungai Tengah Desa Manggisan Tanggul Jember dan (2) Untuk menganalisis dan menghitung hasil pengembalian atas modal usaha tani padi di Dusun Sungai Tengah Desa Manggisan Tanggul Jember.
Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Memperoleh data dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan langsung turun ke lokasi penelitian dan langsung melakukan wawancara dengan pihak yang terkait. Data tersebut diperoleh dari subyek penelitian yang dipilih dengan teknik purposive dengan jumlah 7 orang petani.
Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah (1) Pendapatan penjualan yang diterima petani padi sebesar Rp. 26.400.000 dikurangi total biaya produksi padi Rp. 11.531.333 sehingga diperoleh pendapatan usaha tani padi sebesar Rp. 14.868.667. (2) Analisis perhitungan hasil pengembalian atas modal usaha tani padi di Dusun Sungai Tengah Desa Manggisan Tanggul Jember sebesar 36,6% artinya setiap Rp. 1 modal petani yang dikorbankan memperoleh keuntungan sebesar Rp. 0,366, sedangkan hasil margin laba bersih sebesar Rp. 56,3% artinya setiap Rp. 1 penjualan bersih memperoleh keuntungan sebesar Rp. 0, 563 laba bersih.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 07 AGRICULTURAL AND VETERINARY SCIENCES > 0701 Agriculture, Land and Farm Management > 070101 Agricultural Land Management
14 ECONOMICS > 1403 Econometrics > 140304 Panel Data Analysis
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Ms Holifatur Rohma
Date Deposited: 24 Jun 2024 03:34
Last Modified: 24 Jun 2024 03:34
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33434

Actions (login required)

View Item View Item