Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Macromedia Flash 8 pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas VI Sekolah Dasar Negeri Jrebeng Lor 3 Kota Probolinggo

Amelia, Liana (2024) Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Macromedia Flash 8 pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas VI Sekolah Dasar Negeri Jrebeng Lor 3 Kota Probolinggo. Undergraduate thesis, Pendidikan Agama dan Bahasa, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

[img] Text (SK - 007 - PGMI - 2024)
Liana Amelia_202101040010.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (12MB)

Abstract

Liana Amelia: Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Macromedia Flash 8 Pada Pembelajaran IPA Kelas VI SDN Jrebeng Lor 3 Kota Probolinggo
Kata Kunci: Media Pembelajaran Interaktif; Macromedia Flash 8; Pembelajaran IPA
Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Macromedia Flash 8 pada mata pembelajaran IPA materi perkembangbiakan pada hewan merupakan media pembelajaran yang dibuat sebagai alternatif bagi pendidik dalam mentransfer ilmu saat proses pembelajaran. Dalam proses pembelajaran di SDN Jrebeng Lor 3 Kota Probolinggo pada pembeajarann IPA peserta didik sulit memahami pembelajaran dan kurang antusias dalam belajar. Media pembelajaran interaktif berbasis Macromedia Flash 8 sangat cocok bagi peserta didik karena dalam media ini terdapat fitur-fitur yang menarik dan beragam sehingga mampu menciptakan antusias dan nuansa baru dalam proses pembelajaran.
Rumusan Masalah dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana proses mengembangkan Macromedia Flash 8 sebagai media pembelajaran Interaktif pada pembelajaran IPA pada peserta didik kelas VI SDN Jrebeng Lor 3 Kota Probolinggo? 2) Bagaimana kelayakan pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Macromedia Flash 8 pada peserta didik kelas VI di SDN Jrebeng Lor 3 Kota Probolinggo?.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mengetahui proses pengembangan dan menghasilkan produk pengembangan Macromedia Flash 8 sebagai media pembelajaran Interaktif pada pembelajaran IPA pada peserta didik kelas VI SDN Jrebeng Lor 3 Kota Probolinggo. 2) Mengetahui kelayakan pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Macromedia Flash 8 pada peserta didik kelas VI di SDN Jrebeng Lor 3 Kota Probolinggo.
Metode dalam penelitian ini yaitu Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) model ADDIE. Tahapan dalam metode ini yaitu analisis, perancangan, pengembangan, penerapan, dan evaluasi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dan wawancara. Validasi produk oleh tig validator, ahli media, ahli materi, ahli bahasa dan ahli pembelajaran IPA.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa 1) Proses pengembangan dengan model ADDIE melalui tahap analisis dan desain, menghasilkan sebuah media pembelajaran Macromedia Flash 8 yang dirancang sesuai kebutuhan peserta didik 2) Macromedia Flash 8 sangat valid dan layak digunakan dalam proses pembelajaran IPA materi perkembangbiakan hewan. Berdasarkan hasil perolehan validasi media 65,7% dengan kategori valid, validasi materi 90% dengan kategori sangat valid, validasi bahasa 82,85% dengan kategori sangat valid, validasi ahli pembelajaran IPA 80% dengan kategori valid dan presentase respon peserta didik 91,66% dengan kategori sangat layak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Liana Amelia
Date Deposited: 20 Jun 2024 03:51
Last Modified: 02 Jul 2024 05:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33438

Actions (login required)

View Item View Item