Pengembangan media pembelajaran tiga dimensi menggunakan bahan daur ulang (Kapas) pada pembelajaran IPA materis sistem tata surya kelas VI MI Miftahul Ulum 3 Tegaldlimo Banyuwangi

Fauziyah, Nida (2024) Pengembangan media pembelajaran tiga dimensi menggunakan bahan daur ulang (Kapas) pada pembelajaran IPA materis sistem tata surya kelas VI MI Miftahul Ulum 3 Tegaldlimo Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK - 0014 - PGMI - 2024)
Skripsi Nida Fauziyah watermark (1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Media pembelajaran sangatlah penting dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran yang digunakan di MI Miftahul Ulum Tegaldlimo sangat terbatas yaitu berupa buku LKS dan media yang masih sangat terbatas. Maka dari itu perlu inovasi dalam membuat sebuah media pembelajaran. Media pembelajaran tiga dimensi merupakan salah satu media pembelajaran berupa tiruan dari sistem tata surya yang didalamnya juga terdapat kartu karakteristik planet – planet tata surya.
Rumusan masalah :1)Bagaimana pengembangan media pembelajaran 3dimensi dengan dengan menggunakan daur ulang (kapas) pada pembelajaran ipa materi sistem tata surya kelas VI di MI Miftahul Ulum 3? 2)Bagaimana kelayakan penggunaan media pembelajaran 3dimensi dengan dengan menggunakan daur ulang (kapas) pada pembelajaran ipa materi sistem tata surya kelas VI di MI Miftahul Ulum 3?
Tujuan penelitian dan Pengembangan:1)Untuk mengembangan media pembelajaran tiga dimensi menggunakan bahan daur ulang (kapas) pada pembelajaran IPA materi sistem tata surya kelas VI MI Miftahul Ulum 3. 2)Untuk mengetahui kelayakan penggunaan media pembelajatan tiga dimensi menggunakan bahan daur ulang (kapas) pada pembelajaran IPA materi sistem tata surya kelas VI MI Miftahul Ulum 3.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan dua jenis data yaitu kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D pada pengembangan media pembelajaran tiga dimensi : a. Analisis, yang memfokuskan pada permasalahan dalam pembelajaran dan kebutuhan peserta didik, b. Desain, mengenai rancangan produk dalam hal ini adalah media pembelajaran tiga dimensi, c. Pengembangan, hal ini berdasarkan pada penilaian, saran dan komentar validator sesuai dengan bidangnya masing – masing, d. Penyebaran, dilakukan dengan cara menggunakan produk yang dikembangkan yaitu media pembelajaran tiga dimensi, dalam hal ini penyebaran hanya dilakukan secara terbatas.
Hasil penelitian menunjukan bahwa media yang dibuat layak dijadikan sebagai media pembelajaran. Hasil kelayak media pembelajaran tiga dimensi memiliki nilai 91% dikategorikan sangat valid dan layak digunakan dari ahli media, 95% dikategorikan sangat valid atau dapat digunakan dari ahli materi, dan 96% sangat valid dari guru kelas VI di MI Miftahul ulum 3 Tegaldlimo, Banyuwangi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran tiga dimensi materi sistem tata surya sebagai media pembelajaran yang dikembangkan dapat diterapkan dalam pembelajaran di kelas VI MI Mifatahul Ulum 3 Tegaldlimo.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130310 Maori Education (excl. Early Childhood and Primary Education)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nida Fau ziyah
Date Deposited: 20 Jun 2024 03:00
Last Modified: 02 Jul 2024 06:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33452

Actions (login required)

View Item View Item