Pengaruh pelatihan kompensasi dan motivasi terhadap kinerja pegawai di Kantor Kementerian Agama Kota Probolinggo

Rahman, Muthi'ah (2024) Pengaruh pelatihan kompensasi dan motivasi terhadap kinerja pegawai di Kantor Kementerian Agama Kota Probolinggo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI MUTHI'AH RAHMAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kata Kunci: Pelatihan, Kompensasi, Motivasi, Kinerja Pegawai

Sumber daya manusia adalah salah satu elemen penting dalam kesuksesan sebuah instansi karena berdampak langsung pada pencapaian tujuan organisasi. Kinerja pegawai merupakan indikator utama dalam menilai efektivitas instansi tersebut. Oleh karena itu, pengelolaan yang efektif terhadap sumber daya manusia diperlukan untuk mencapai tujuan dengan efisien. Di Kementerian Agama Kota Probolinggo, terdapat tantangan dalam mencapai target kinerja pegawai meskipun telah dilakukan upaya-upaya untuk meningkatkan kinerja pegawai.
Fokus penelitian dalam skripsinya ini adalah: 1) Apakah pelatihan berpengaruh terhadap kinerja pegawai di kantor Kementerian Agama Kota Probolinggo? 2) Apakah kompensasi berpengaruh terhadap kinerja pegawai di kantor Kementerian Agama Kota Probolinggo? 3) Apakah motivasi berpengaruh terhadap kinerja pegawai di kantor Kementerian Agama Kota Probolinggo?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk menganalisis pengaruh pelatihan terhadap kinerja pegawai di kantor Kementerian Agama Kota Probolinggo. 2) Untuk menganalisis pengaruh kompensasi terhadap kinerja pegawai di kantor Kementerian Agama Kota Probolinggo. 3) Untuk menganalisis pengaruh motivasi terhadap kinerja pegawai di kantor Kementerian Agama Kota Probolinggo.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis kausalitas menggunakan uji regresi linear berganda dengan teknik purposive sampling dan teknik pengambilan sampel sebesar 55 responden, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data menggunakan bantuan program SPSS 25.0 for windows.
Analisis yang digunakan meliputi uji instrumen data (uji validitas dan uji reliabilitas), analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik dan uji hipotesis (uji t, koefisien determinasi). Dari hasil analisis tersebut diketahui bahwa pelatihan tidak berpengaruh positif sedangkan kompensasi dan motivasi berpengaruh positif terhadap kinerja pegawai. Dari hasil uji t juga diperoleh hasil pelatihan thitung (-0,158) < t tabel 2,007, kompensasi thitung 3,081 > t tabel 2,007 dan motivasi thitung 3,341 > t tabel 2,007, dapat disimpulkan bahwa pelatihan tidak berpengaruh positif dan signifikan sedangkan variabel yang lain yakni variabel kompensasi dan motivasi berpengaruh positif dan siginifikan terhadap kinerja pegawai di kantor Kementerian Agama Kota Probolinggo.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150305 Human Resources Management
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150312 Organisational Planning and Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Muthi'ah Rahman
Date Deposited: 20 Jun 2024 04:13
Last Modified: 20 Jun 2024 04:13
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33463

Actions (login required)

View Item View Item