Optimalisasi zakat produktif sebagai sumber modal usaha dalam program Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Jember

Basri, Kelvin Putra Pramana (2024) Optimalisasi zakat produktif sebagai sumber modal usaha dalam program Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Jember. Undergraduate thesis, UIN Kyai Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text (SK-015-ZAWA-2024)
KELVIN PUTRA PRAMANA BASRI _205105040008 watermark.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci: Optimalisasi zakat produktif, Modal Usaha, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Jember

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) adalah sebuah lembaga nonstruktural yang dibentuk oleh pemerintah sebagai badan yang bertanggung jawab atas pengumpulan dan distribusi zakat secara nasional. Penelitian ini mengkaji bagaimana BAZNAS Jember dalam mengoptimalkan pengelolaan zakat produktif sebagai sumber modal usaha.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana optimalisasi zakat produktif sebagai sumber modal usaha dalam progam Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Jember? 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat optimalisasi zakat produktif sebagai sumber modal usaha dalam program Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Jember? 3) Bagaimana solusi BAZNAS dalam mengatasi hambatan terhadap optimalisasi zakat produktif sebagai sumber modal usaha dalam program Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Jember?
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian berada di Jl. Nusantara No18, Kaliwates Kidul, Kaliwates, Jember Regency, Jawa Timur, kantor Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Jember. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau kesimpulan. Adapun keabsahan data diperoleh dengan teknik triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Optimalisasi zakat produktif sebagai sumber modal usaha di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Jember sudah berjalan dengan baik. 2) Faktor pendukung optimalisasi zakat produktif sebagai sumber modal usaha di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Jember adalah dukungan dan kepercayaan masyarakat serta kerjasama yang baik antara mustahik dan BAZNAS. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu minimnya dana, pendampingan mustahik yang kurang maksimal dan kurangnya (SDM) Sumber Daya Manusia. 3) Solusi BAZNAS Jember dalam mengatasi hambatan adalah bekerjasama dengan lembaga pemerintah, berkoordinasi dengan lembaga kemasyarakatan dan membuka jaringan relawan BAZNAS.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Mr Kelvin Putra Pramana Basri
Date Deposited: 21 Jun 2024 03:06
Last Modified: 10 Jul 2024 04:03
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33465

Actions (login required)

View Item View Item