Implementasi Akad Murabahah Sebagai Alternatif Pembiayaan Pada Produk KPR IB Hijrah di Bank Muamalat KC Jember

M Dio Dwi Putra, Putra (2024) Implementasi Akad Murabahah Sebagai Alternatif Pembiayaan Pada Produk KPR IB Hijrah di Bank Muamalat KC Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad sidiq Jember.

[img] Text (SK-025-PS-2024)
Dyo Fiks 02.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (18MB)

Abstract

Kata kunci: Prosedur, Implementasi, Akad murabahah, Pembiayaan
Bank Muamalat KC Jember menawarkan berbagai produk pembiayaan dan juga mempunyai produk simpanan. Khusus pada pembiayaan kepemilikan rumah (KPR) atau yang lebih dikenal dengan KPR IB Hijrah di Bank Muamalat KC Jember memiliki berbagai sistem akad. Beberapa Bank Syariah memaknai KPR dengan kepemilikan rumah secara syariah salah satunya yang diterapkan di Bank Muamalat KC Jember dan menggali akad-akad transaksi yang dibolehkan dalam Islam dengan operasional KPR Perbankan Syariah menggunakan akad musyarakah mutanaqisah dan akad murabahah. Pada akad murabahah (jual beli) sistem pelaksanaanya dilaksanakan dengan berbagai cara, yaitu dapat berupa uang tunai setelah menerima barang.
Fokus penelitian pada skripsi ini adalah: Bagaimana prosedur pembiayaan akad murabahah pada produk KPR IB Hijrah Di Bank Muamalat KC Jember ? Bagaimana implementasi akad murabahah sebagai alternatif pembiayaan pada produk KPR IB Hijrah Di Bank Muamalat KC Jember ?.
Tujuan pada penelitian ini adalah: Untuk mengetahui prosedur pembiayaan akad murabahah pada produk KPR IB Hijrah di Bank Muamalat KC Jember. Untuk mengetahui impelemntasi akad murabahah sebagai alternatif pembiyaan pada produk KPR IB Hijrah Di Bank Muamalat KC Jember.
Penelitian ini Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan oleh peneliti yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dan keabsahan data yang digunakan peneliti menggunakan triangulasi sumber.
Demikian hasil penelitian ini memperoleh kesimpulan: Prosedur dalam pembiayaan KPR IB Hijrah yang ada di Bank Muamalat KC Jember dapat dikatan efektif dan lebih terstruktur dikarenakan dari segi alur pengajuan pembiayaan yang di mana nasabah mengumpulkan data yang sesuai dengan persyaratan yang kemudian di verivikasi dan dianalisis oleh tim anaisi untuk menegtahui layak atau tidaknya nasabah ini diberi pembiyaan dan standart oprasional produk pembiayaan yang dilakukan oleh bank Muamalat KC Jember sudah sesuai dengan Undang-undang Nomor 21 Tahun 2008 tentang pembiayaan murabahah dan Fatwa DSN-MUI No.04/DSN-MUI/IV/2000 tentang pembiayaan akad murabahah. Implementasi akad murabahah dapat sebagai alternatif pembiayaan pada produk KR IB Hijrah di Bank Muamalat KC Jember dikarenakan akad murabahah menggunakan konsep jual beli dan kalau akad murabahah penerapannya adalah jual beli. Bank membiayai untuk pembelian rumah berati ada keuntungan atau margin yang telah nasabah sepakati.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140204 Economics of Education
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140205 Environment and Resource Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mr. M Dio Dwi Putra Putra
Date Deposited: 20 Jun 2024 06:54
Last Modified: 11 Jul 2024 02:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33491

Actions (login required)

View Item View Item