Efektivitas Pengembangan Teknologi Sebagai Upaya Meningkatkan Perekonomian Afizanet Desa Tegal Watu Kecamatan Tiris Kabupaten Probolinggo

Ubaidillah, Ubaidillah (2024) Efektivitas Pengembangan Teknologi Sebagai Upaya Meningkatkan Perekonomian Afizanet Desa Tegal Watu Kecamatan Tiris Kabupaten Probolinggo. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-025-ES-2024)
Ubaidillah_201105020023.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK

Ubaidillah, Dr. Nurul Widyawati Islami Rahayu, S.Sos., M.Si. 2024: Efektivitas Pengembanab teknologi Sebagai Upaya Meningkatkan Perekonomian Afizanet Desa Tegal Watu Kecamatan Tiris Kabupaten Probolinggo.

Kata kunci: Pengembangan teknologi, perekonomian Afizanet.

Dalam meningkatkan akses internet yang tumbuh pesat di Indonesia, terutama pengguna smartphone hal ini dapat menyebabkan banyak orang yang terhubung kejaringan internet, baik di desa maupun di kota. Indonesia memiliki salah satu pasar e-commarce terbesar diasia tenggara, seperti Tokopedia, Shopee, dan Lazada yang telah membatu para pengusaha kecil dan menengah untuk memasarkan produk mereka secara online. Teknologi juga mengubah wajah Pendidikan di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Dengan adanya pembelajaran secara daring (E-learing) yang telah menjadi komponen penting dalam Pendidikan modern. Teknologi memungkinkan pelaksaan Pendidikan jarak jauh yang lebih efektif, kini siswa dan mahasiswa dapat mengikuti kuliah dari berbagai lokasi, tanpa harus berpindah tempat. Teknologi juga memungkinkan pengumpulan dan analisi data yang lebih baik dalam dunia Pendidikan. Hal ini juga dapat membantu guru, sekolah, dan pemerintah.
Fokus penelitian ini adalah 1). Bagaimana transaksi jual beli jasa wifi sebagai faktor produksi oleh Afizanet di Desa Tegal Watu Kecamatan Tiris Kabupaten Probolinggo? 2). Bagaimana pemanfaatan teknologi untuk meningkatkan ekonomi dalam transaksi jual beli jasa wifi oleh Afizanet di Desa Tegal Watu Kecamatan Tiris Kabupaten Probolinggo?
Tujuan penelitian ini adalah 1). Mendeskripsikan transaksi jual beli jasa wifi sebagai faktor produksi oleh Afizanet di Desa Tegal Watu Kecamatan Tiris Kabupaten Probolinggo. 2). Mendeskripsikan pengembangan teknologi untuk peningkatan ekonomi dalam transaksi jual beli jasa wifi oleh Afizanet di Desa Tegal Watu Kecamatan Tiris Kabupaten Probolinggo.
Metode penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian berbentuk desktiptif. Subjek Penelitian ini menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini yaitu menggunakan 3 langkah, yaitu wawancara terstruktur, wawancara semi terstruktur dan wawancara tidak terstruktur.
Hasil penelitian ini adalah: Berdasarkan hasil penelitian tentang transaksi jual beli jasa sebagai faktor produksi oleh Afizanet. Aktivitas meliputi jual beli intermet ini dilakukan oleh Mas Rohim selaku pemilik usaha. Untuk pemasangan dan peralatan yang menggunakan router fiber home, kabel fiber optik, netlink, dan internet. Pengembangan teknologi di era saat ini yang didapatkan dari penggunaan dan pemanfaatan internet dalam mencari informasi dan berkomunikasi dengan mudah, den juga menggunakan media sosial dalam melakukan kegiatan kegitan seperti jual beli online.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140202 Economic Development and Growth
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140218 Urban and Regional Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ubai dillah
Date Deposited: 20 Jun 2024 07:00
Last Modified: 10 Jul 2024 06:37
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33493

Actions (login required)

View Item View Item