Representasi Komunikasi Milenial Muslim dalam Roleplay pada Cover Dance K-Pop (Studi Fenomenologi pada Komunitas Cover Dance U-Know Crew Kabupaten Jember)

Kartika Prayuddhata, Siti Aulia (2024) Representasi Komunikasi Milenial Muslim dalam Roleplay pada Cover Dance K-Pop (Studi Fenomenologi pada Komunitas Cover Dance U-Know Crew Kabupaten Jember). Undergraduate thesis, UIN KH Ahmad Shiddiq Jember.

[img] Text
Siti Aulia Kartika Prayuddhata_201103010017.pdf

Download (4MB)

Abstract

K-Pop adalah genre musik yang berasal dari Korea Selatan. Musik K-Pop
dikenal dengan lagu-lagunya yang menarik, tarian yang energik, dan produksi
musik yang berkualitas. K-Pop juga terkenal dengan visual yang kuat serta konsep
fashion yang menjadi panutan dan pusat perhatian para penggemar di seluruh
dunia. Dewasa ini, media memainkan peran dalam penyebaran informasi dan
komunikasi, tak terkecuali budaya. Sehingga budaya K-Pop dengan pesat
berkembang dan tersebar luas. Bahkan dari kalangan milenial muslim tak jarang
yang mengikuti K-Pop di mana hal itu tidak selaras dengan budaya seorang
muslim.
Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana bentuk
komunikasi milenial muslim dalam roleplay pada cover dance K-Pop di
Komunitas U-Know Crew Jember? 2) Bagaimana representasi komunikasi
milenial muslim dalam roleplay pada cover dance di komunitas U-Know Crew
Jember? Metode yang digunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis
penelitian fenomenologi. Untuk teknik pengumpulan data menggunakan observasi,
wawancara, dan dokumentasi.
Berdasarkan penelitian ditemukan bahwa: (1) Bentuk komunikasi milenial
muslim di Komunitas U-Know Crew Jember adalah komunikasi kelompok,
komunikasi verbal dan nonverbal, serta komunikasi Islam. (2) Anggota Komunitas
U-Know Crew Jember merepresentasikan komunikasi milenial muslim
melalui pengalaman K-Pop, budaya dan bahasa K-Pop, dan idol K-Pop. Walaupun
mereka totalitas dan berprestasi dalam merepresentasikan suatu budaya, tetapi
budaya tersebut bukan dari bagian budaya milenial muslim. Artinya budaya
milenial muslim itu sendiri luntur dan tergerus pada saat mereka
merepresentasikan makna, bahasa, budaya, dan idol K-Pop.
Kata Kunci: K-Pop, Cover Dance, Milenial Muslim, U-Know Crew Jember, Roleplay

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2002 Cultural Studies > 200202 Asian Cultural Studies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Siti Aulia Kartika Prayuddhata
Date Deposited: 20 Jun 2024 06:47
Last Modified: 20 Jun 2024 06:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33495

Actions (login required)

View Item View Item