SOLUSI QUR’ANI DALAM MENGATASI RASA INSECURE: KAJIAN TAFSIR LISAN PERSPEKTIF USTADZ ADI HIDAYAT

Adibah, Tuti'ul (2024) SOLUSI QUR’ANI DALAM MENGATASI RASA INSECURE: KAJIAN TAFSIR LISAN PERSPEKTIF USTADZ ADI HIDAYAT. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-005-IAT-2024)
TUTI'UL ADIBAH_ 204104010063.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Manusia adalah salah satu makhluk yang Allah Swt ciptakan dengan sebaik- baiknya bentuk, akal, pikiran serta perasaan untuk mengendalikan dirinya dari perbuatan baik maupun tercela. Seringkali manusia memilki perasaan yang tak sejalan dengan alam sadarnya seperti rasa takut, cemas dan rasa rendah diri yang berlebihan. Beberapa hal ini merupakan permasalahan tentang kesehatan mental yang disebabkan oleh perasaan insecure yaitu perasaan merasa tidak aman dan tidak nyaman dengan kondisi lingkungan sekitar tempat seseorang bertempat dan tinggal. Maka, Al- Qur’an hadir sebagai Solusi atas segala permasalahan umat islam yang disampaikan oleh para da’I dan da’iyah dan para alim ulama’ melalui media offline maupun online. Ustadz Adi Hidayat menyampaikan dakwahnya yang membahas tentang cara mengatasi rasa Insecure menggunakan terapi secara qur’ani yaitu dengan menghadirkan ayat- ayat Al- Qur’an sebagai suatu Solusi atas segala permasalahan dalam hidup seorang mukmin.
Skripsi ini memiliki 2 rumusan masalah, diantaranya yaitu : 1. Apa pengertian insecure, ciri- ciri beserta faktor- faktor yang mempengaruhinya ?, 2. Bagaimana solusi yang ditawarkan Al-Qur’an untuk mengatasi rasa Insecure prespektif Ust Adi Hidayat dalam kanal youtube Ustadz Adi Hidayat Official ?. Tujuan dari penelitian ini diantaranya yaitu : 1) Untuk menaganalisa istilah Insecure, ciri- ciri beserta faktor- faktor yang mempengaruhinya. 2) Untuk mengeksplor dan menganalisis solusi qur’ani dalam mengatasi rasa Insecure prespektif Ustadz Adi Hidayat pada kanal youtube Adi Hidayat Official.
Penelitian pada skripsi ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian kepustakaan atau library research. Sumber primer dari penelitian ini diambil dari salah satu video ceramah Ustadz Adi Hidayat di kanal youtube resminya yang berjudul “Jangan insecure- Penuntut Ilmu harus Optimis !”. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori psikoanalisis Sigmund Freud yang berusaha menjelaskan atau mendeskripsikan pola- pola umum dalam memahami kepribadian seseorang yang mempunyai fungsi sebagai suatu norma secara sistematis dengan menggunakan mekanisme pertahanan diri sebagai salah satu solusi mengatasi beberapa permasalahan yang berhubungan dengan kepribadian seseorang.
Berdasarkan ceramah yang telah disampaikan di kanal youtube Adi Hidayat Official, Ustadz Adi Hidayat memberikan solusi kepada orang- orang yang sedang mengalami insecure yaitu : Pertama, dengan berusaha menanamkan tekad dan motivasi dalam hidupnya bahwasannya manusia dianugerahi berbagai keistimewaan. Kedua, berusaha mendekat kepada para alim dan orang- orang sholeh. Ketiga, mengamalkan beberapa ayat- ayat Al- Qur’an agar memiliki ketengan hati dalam menjalani segala aktivitas dan yang terakhir yaitu senantiasa memohon ampunan dan memperbanyak dzikir serta sholat- sholat sunnah.
Kata Kunci : Solusi Qur’ani, insecure, Tafsir Lisan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170111 Psychology of Religion
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Mrs Adibah Diba
Date Deposited: 21 Jun 2024 08:46
Last Modified: 28 Aug 2024 01:20
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33521

Actions (login required)

View Item View Item