Strategi Komunikasi Pengurus Takmir Masjid Dalam Memakmurkan Masjid Baiturrahim Perumahan Dharma Alam Kec. Kaliwates

Permana Tunggal, Davit (2024) Strategi Komunikasi Pengurus Takmir Masjid Dalam Memakmurkan Masjid Baiturrahim Perumahan Dharma Alam Kec. Kaliwates. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi Davit Watermark.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kata Kunci: Strategi, Komunikasi, Memakmurkan Masjid
Memakmurkan masjid pada masa sekarang, memiliki tantangan tersendiri dalam prosesnya. Melihat perkembangan zaman yang semakin pesat dan maju, memakmurkan masjid bukan hanya megahnya pembangunan dalam masjid, pengorganisasian yang baik, namun perkembangan zaman membuat memakmurkan masjid menjadi sebuah tolak ukur bagaimana masjid masih tetap eksis ditengah-tengah masyarakat berbeda latar belakang, suku dan budaya. Pandemi covid-19 menjadikan wajah baru tatanan para pengurus masjid dalam memakmurkan masjid Baiturrahim Perumahan Dharma Alam Kec. Kaliwates, hingga saat ini pemerintah sudah melonggarkan peraturan bersosial dan berkegiatan diluar rumah dengan bebas, namun rasa cemas dan takut masyarakat belum seutuhnya pulih dari pandemi covid-19. Dilain sisi masyarakat Dharma Alam yang mayoritas pekerja kantoran, dosen, Abdi Negara dan juga banyaknya paham masyarakat yang berbeda menjadikan para pengurus takmir harus berupaya keras agar keberadaan masjid tetap hidup dan makmur bahkan bukan hanya sebagai tempat ibadah, melainkan juga sebagai tempat Pendidikan, musyawarah atau penyelesaian masalah.
Penelitian ini berfokus pada apa saja faktor pendukung dan penghambat Pengurus Takmir Masjid Dalam Memakmurkan Masjid dan bagaimana Strategi Komunikasi yang Pengurus Takmir Masjid lakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pada apa saja faktor pendukung dan penghambat Pengurus Takmir Masjid Dalam Memakmurkan Masjid dan juga mengetahui bagaimana Strategi Komunikasi yang Pengurus Takmir Masjid lakukan. Demikian nantinya penelitian ini memiliki manfaat teoritis dan praktis.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Tehnik pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi yang kemudian data tersebut dianalisis dengan menggunakan model Miles & Huberman dengan cara pengumpulkan data, mereduksi atau menyedehanakan data dan menarik sebuah kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber yakni dengan membandingan data dengan mengamati secara langsung. Pendekatan Secara Langsung dan Tidak Langsung
Hasil dalam penelitian ini yakni ada beberapa faktor pendukung dalam memakmurkan masjid yakni, fasilitas yang lengkap, letak masjid yang strategis, SDM yang berkualitas dan semangat solid pengurus takmir dan faktor penghambatnya yakni, pemahaman agama yang berbeda dan padatnya kegiatan masyarakat diluar rumah, dari masalah itu cara para pengurus takmir masjid dalam memakmurkan masjid yaitu dengan pendekatan secara langsung dan tidak, membaur dengan masyarakat, memfasilitasi masyarakat, meningkatkan dan mempertahankan jumlah jamaah dengan pengajian, diskusi dan memilih da’i yang berkualitas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Mr Davit Permana Tunggal
Date Deposited: 21 Jun 2024 07:10
Last Modified: 21 Jun 2024 07:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33567

Actions (login required)

View Item View Item