Penerapan kegiatan keterampilan melipat kertas origami dalam mengembangkan motorik halus anak kelompok B di TK Muslimat NU 04 Ranulogong Randuagung Lumajang

Antika, Dwi Puspita Sari (2024) Penerapan kegiatan keterampilan melipat kertas origami dalam mengembangkan motorik halus anak kelompok B di TK Muslimat NU 04 Ranulogong Randuagung Lumajang. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text (SK-007-PIAUD-2024)
Antika Dwi Puspita Sari 202101050034.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (52MB)

Abstract

Antika Dwi Puspita Sari, 2024: Penerapan Kegiatan Keterampilan Melipat Kertas origami dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak Kelompok B TK Muslimat NU 04 Ranulogong Randuagung Lumajang.
Kata Kunci: Kegiatan Keterampilan Melipat, Kertas Origami, Motorik Halus.
Kegiatan keterampilan melipat kertas origami merupakan proses membuat bentuk menggunakan tangan dengan cara melipat untuk mengembangkan motorik halus. Ada enam aspek perkembangan yang harus di dioptimalkan pada anak usia dini, yaitu aspek nilai agama dan moral, sosial emosional, fisik motorik, kognitif, bahasa dan seni. Di TK Muslimat NU 04 Ranulogong Randuagung Lumajang salah satu kegiatan pembelajaran yang menyenangkan untuk mengembangkan motorik halus dengan kegiatan keterampilan melipat kertas origami.
Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah 1)Bagaimana penerapan kegiatan keterampilan melipat kertas origami dalam mengembangkan motorik halus anak kelompok B TK Muslimat NU 04 Ranulogong? 2)Bagaimana kemampuan motorik halus anak pada kegiatan keterampilan melipat kertas origami dalam mengembangkan motorik halus anak kelompok B TK Muslimat NU 04 Ranulogong? 3)Apa faktor pendukung dan faktor penghambat penerapan kegiatan keterampilan melipat kertas origami dalam menegmbangkan motorik halus anak kelompok B TK Muslimat NU 04 Ranulogong?
Tujuan penelitian ini adalah 1)Untuk mendeskripsikan penerapan kegiatan keterampilan melipat kertas origami dalam mengembangkan motorik halus anak kelompok B TK Muslimat NU 04 Ranulogong 2) Untuk mendeskripsikan kemampuan motorik halus pada kegiatan keterampilan melipat kertas origami kelompok B TK Muslimat NU 04 Ranulogong 3) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan afktor penghambat penerapan kegiatan keterampilan melipat kertas origami dalam mengembangkan motorik halus anak kelompok B TK Muslimat NU 04 Ranulogong.
Penelitian kualitatif ini menggunakan jenis penelitian studi kasus yang berlokasi di TK Muslimat NU 04 Ranulogong. Penentuan subjek menggunakan teknik purposive . Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi non partisipan, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode Miles, Huberman dan Saldana meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1)Penerapan yang dilakukan di TK Muslimat NU 04 Ranulogong Randuagung Lumajang mencakup beberapa langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan (kegiatan pembuka, kegiatan inti dan kegiatan penutup) dan evaluasi. 2)Kemampuan motorik halus anak kelompok B TK muslimat NU 04 Ranulogong menunjukkan presentase kategori perkembangan motorik anak mulai berkembang. 8% belum berkembang, 15% mulai berkembang, 50% berkembang sesuai harapan, 25% berkembang sangat baik. 3)Faktor pendukung dalam mengembangkan motorik halus anak kelompok B TK Muslimat NU 04 Ranulogong adalah adanya kreativitas dari guru yang mendesain pembelajran semenarik mungkin dan ketersediaan alat dan bahan. Sedangkan faktor penghambatnya adalah ketidakterlibatan orang tua dalam proses belajar anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Antika Dwi Puspita Sari
Date Deposited: 25 Jun 2024 02:09
Last Modified: 05 Jul 2024 06:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33584

Actions (login required)

View Item View Item