Penerapan metode belajar 'Allimna dalam meningkatkan minat baca Al-Qur'an di TPQ Addimyati Jenggawah Jember

Lailiyah, Siti Malihatul (2024) Penerapan metode belajar 'Allimna dalam meningkatkan minat baca Al-Qur'an di TPQ Addimyati Jenggawah Jember. Undergraduate thesis, UIN KH. Ahcmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-121-PAI-2024)
Siti Malihatul Lailiyah_T20171330.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

TPQ Addimyati Jenggawah Jember mengalami permasalahan yaitu kurangnya tingkat pemahaman santri mengenai membaca Al-Qur’an terlebih hukum bacaan tajwid, sehingga menggunakan metode ‘allimna sehingga dapat mengatasi kurangnya pemahaman santri dalam memahami dan menerapkan hukum bacaan tajwid ketika membaca Al-Qur’an.
Fokus penelitiannya adalah 1) Bagaimana tahapan membaca Al-Qur’an santri TPQ Addimyati dengan menggunkan metode‘Allimna? 2) Bagaimana evaluasi membaca Al-Qur’an santri TPQ Addimyati dengan menggunkan metode ‘Allimna? 3) Bagaimana dukungan instruksional metode belajar ‘Allimna dalam membaca Al-Qur’an santri TPQ Addimyati dengan menggunakan metode ‘Allimna?. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan tahapan membaca Al-Qur’an santri TPQ Addimyati dengan menggunkan metode‘Allimna. 2) Untuk mendeskripsikan evaluasi membaca Al-Qur’an santri TPQ Addimyati dengan menggunkan metode ‘Allimna. 3) Untuk mendeskripsikan tentang dukungan instruksional metode belajar ‘Allimna dalam membaca Al-Qur’an santri TPQ Addimyati dengan menggunakan metode ‘Allimna.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (field research), sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan yakni analisis data menggunakan model analisis data interaktif sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Kesimpulan penelitian ini menunjukan bahwa 1) Tahapan membaca Al-Qur’an santri TPQ Addimyati dengan menggunkan metode ‘Allimna dilakukan dengan beda tingkatan dan kemampuan santri dalam membaca, pada tingkat awal pembelajaran mengajarkan huruf hijaiyah berupa alif tegak dan harokatnya fathah, sedangkan motivasinya adalah Bacaan Makhraj dan Tajwidnya serta hukum bacaan nun mati atau tanwin yang berdasarkan qaidah yang berlaku. 2) Evaluasi membaca Al-Qur’an santri TPQ Addimyati dengan menggunakan metode ‘Allimna yaitu penilaian/evaluasi menggunakan buku prestai yaitu untuk mengetahui santri lanjut atau mengulang dari Jilid tersebut, dan tes yaitu membaca pokok bahasan setiap jilid. 3) Dukungan instruksional metode belajar ‘Allimna dalam membaca Al-Qur’an santri TPQ Addimyati dengan menggunakan metode ‘Allimna yaitu didukung dengan pembelajaran yang intensif dan menggunakan variasi beberapa metode, serta peran aktif orang tua maka perkembangan belajar santri cenderung lebih baik.
Kata Kunci : Metode Belajar ‘Allimna, Membaca Al-Qur’an

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Malihatul Lailiyah
Date Deposited: 24 Jun 2024 04:18
Last Modified: 09 Jul 2024 05:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33625

Actions (login required)

View Item View Item