AHMAD NAJIB, ABDULLAH SAID (2020) Profil Berfikir Kreatif Siswa kelas VIII dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Perbandingan Ditinjau dari Gender di SMP 06 Diponegoro Wuluhan Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Matematika.
Text
AHMAD NAJIB ABDULLAH SAID_T20157025.pdf Download (10MB) |
Abstract
Ahmad Najib Abdullah Said, 2019: Profil Berfikir Kreatif Siswa kelas VIII dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Perbandingan Ditinjau dari Gender di SMP 06 Diponegoro Wuluhan Jember. Kata kunci: Berfikir Kreatif, Pemecahan Masalah, Gender Berfikir kreatif siswa merupakan kemampuan yang harus dikembangkan oleh guru di sekolah. Berfikir kreatif ialah kemampuan untuk menghasilkan gagasan atau ide yang dapat memecahkan masalah yang dihadapi, bahkan dapat menghasilkan cara baru sebagai alternatif. Dengan berfikir kreatif siswa dapat memecahkan permasalahan yang dihadapi dengan berbagai cara. Pemecahan masalah adalah suatu proses yang menggunakan pengetahuan, keterampilan dan pemahaman yang dimiliki dalam memecahkan masalah yang tidak dapat diselesaikan dengan prosedur rutin. Gender dapat diartikan sebagai sifat, karakter yang melekat pada masing-masing jenis kelamin yang dikontruksi secara sosial dan kultural. Gender juga berpengaruh terhadap pola berfikir seseorang, terbukti terdapat perbedaan dalam pembelajaran matematika antara siswa laki-laki dengan perempuan meliputi keaktifan, hasil belajar, berfikir dan ketekunan. Kebanyakan siswa perempuan lebih dominan saat pembelajaran matematika, dapat dilihat dari keaktifan bertanya, mengerjakan soal, dan memperhatikan guru saat mengajar, sedangkan siswa laki-laki kebanyakan banyak gurau, tidak serius dan malasmalasan saat diberi tugas. Akan tetapi dibeberapa kelas terdapat siswa laki-laki yang lebih dominan dalam pembelajaran matematika. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana profil berfikir kreatif Siswa kelas VIII dalam memecahkan masalah matematika materi perbandingan di SMP 06 Diponegoro Wuluhan - Jember? 2) Bagaimana profil berfikir kreatif Siswa kelas VIII dalam memecahkan masalah matematika materi perbandingan di SMP 06 Diponegoro Wuluhan - Jember? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif deskriptif, penentuan subyek penelitian menggunakan purposive sampling, teknik pengumpulan data menggunakan tes tulis, observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis data yang dikemukakan oleh Miles, Hubermen dan Saldana yang terdiri dari beberapa tahapan, yaitu: kondensasi data (data condesation), penyajian data (data display), penarikan kesimpulan atau verifikasi (drawing and verification conchution). Sementara itu keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian disimpulkan sebagai berikut: 1) profil berfikir kreatif Siswa kelas VIII dalam memecahkan masalah matematika materi perbandingan di SMP 06 Diponegoro Wuluhan – Jember, indikator berfikir kreatif yang terpenuhi yaitu kelancaran (fluency), keluwesan (flexibility), dan merinci (elaboration). 2) profil berfikir kreatif Siswa kelas VIII dalam memecahkan masalah matematika materi perbandingan di SMP 06 Diponegoro Wuluhan – Jember, indikator berfikir kreatif yang terpenuhi, yaitu kelancaran (fluency), keluwesan (flexibility), keaslian (originility), dan merinci (elaboration).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | m muhammad fadil |
Date Deposited: | 29 Mar 2022 07:27 |
Last Modified: | 29 Mar 2022 07:27 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3364 |
Actions (login required)
View Item |