PENERAPAN BIMBINGAN ROHANI OLEH USTADZAT DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SANTRI PUTRI DI PONDOK PESANTREN NURUT TAQWA GRUJUGAN CERMEE BONDOWOSO

Nor Ramadani, Nandita (2024) PENERAPAN BIMBINGAN ROHANI OLEH USTADZAT DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SANTRI PUTRI DI PONDOK PESANTREN NURUT TAQWA GRUJUGAN CERMEE BONDOWOSO. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
skripsi Nandita Nor Ramadani.pdf

Download (5MB)

Abstract

Nandita Nor Ramadani, 2023: Penerapan Bimbingan Rohani Oleh Ustadzat
Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Santri Putri Di Pondok Pesantren Nurut Taqwa Grujugan Cermee Bondowoso.

Kata kunci: Penerapan Bimbingan Rohani, Kedisiplinan Santri

Bimbingan Rohani merupakan suatu proses pelaksanaan bimbingan yang dilaksanakan oleh seseorang terhadap individu/kelompok yang didalamnya berupa arahan, nasehat, informasi tindakan melalui lisan atau tulisan yang sesuai dengan ajaran agama Islam yaitu Al-Qur'an dan Hadist. Penerapan Bimbingan Rohani yang dimaksudkan dalam penelitian ini yaitu melalui pendekatan bimbingan kelompok yakni didalamnya terdapat pemberian arahan, nasehat, ceramah, pendidikan akhlak dan motivasi dengan adanya pendekan ini diharapkan santri dapat meningkatkan kedisiplinan dan patuh terhadap peraturan yang ada.
Fokus masalah dalam skripsi ini ialah: 1) Bagaimana penerapan bimbingan rohani oleh Ustadzat dalam meningkatkan kedisiplinan santri putri di Pondok Pesantren Nurut Taqwa ? 2) Apa saja faktor penghambat dalam penerapan bimbingan rohani di Pondok Pesantren Nurut Taqwa ?. Dan tujuannya penelitian ini ialah: 1) Untuk mengetahui penerapan bimbingan rohani oleh Ustadzat dalam meningkatkan kedisiplinan santri putri Pondok Pesantren Nurut Taqwa. 2) Untuk mengetahui faktor penghambat dalam penerapan bimbingan rohani di Pondok Pesantren Nurut Taqwa.
Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan metode deskriptif. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan, sedangkan untuk keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini memperoleh hasil diantaranya: Dalam penerapan bimbingan rohani terdapat beberapa metode/tahapan, yakni meliputi: a. Uswatun hasanah yakni setiap Ustadzat memberikan teladan yang baik agar dapat dicontoh oleh para santri. b. Pembiasaan yaitu membiasakan setiap santri agar senantiasa menaati peraturan yang ada. c. Bimbingan Rohani yaitu meliputi pemberian arahan, nasehat , pendidikan akhlak dan motivasi. d. Pengontrolan atau pengamatan. e. Penghargaan dan Hukuman yaitu santri-santri yang melakukan pelanggaran akan mendapatkan hukuman diantaranya membersihkan halaman pondok putri dan menulis sayyidul istighfar. 2) Faktor Penghambat dalam meningkatkan kedisiplinan santri meliputi a. Dirinya sendiri: kurangnya kontrol diri terhadap dirinya sendiri. b. Teman sebaya: mengajak orang lain atau temannya untuk melakukan pelanggaran yang sama. c. Ustadzat: memberikan contoh perilaku yang kurang disiplin sehingga para santri mengikuti perilaku tidak disiplin yang di lakukan oleh Ustadzat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160702 Counselling, Welfare and Community Services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Ms Nandita Nor Ramadani
Date Deposited: 24 Jun 2024 03:09
Last Modified: 24 Jun 2024 03:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33640

Actions (login required)

View Item View Item