Strategi Peningkatan Penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor Dalam Mendukung Pendapatan Asli Daerah di UPT PPD Jember

Anggriyani, Rani (2024) Strategi Peningkatan Penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor Dalam Mendukung Pendapatan Asli Daerah di UPT PPD Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Rani Anggriyani_204105030076.pdf

Download (7MB)

Abstract

Rani Anggriyani, Dr. M.F. Hidayatullah, S.H.I., M.S.I. 2024 : Strategi Peningkatan Penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor dalam Mendukung Pendapatan Asli Daerah di UPT PPD Jember.
Kata Kunci: Pajak Kendaraan Bermotor, Pendapatan Asli Daerah
Kendaraan bermotor kini menjadi suatu tuntutan dan keharusan bagi masyarakat dalam menjalankan aktivitas kehidupan sehari-hari. Adanya kepemilikan kendaraan bermotor ini memiliki implikasi yang signifikan terhadap upaya pengumpulan pajak kendaraan bermotor. Dengan bertambahnya jumlah kendaraan bermotor, maka akan menciptakan peluang besar untuk meningkatkan penerimaan pajak kendaraan bermotor. Seperti yang dijelaskan dalam pasal 23A UUD RI, bahwa pajak untuk keperluan Negara bersifat memaksa diatur dengan Undang-Undang. Sehingga, dengan dasar itulah pemerintah Daerah terus berupaya untukmensejahterakan rakyat dengan memberlakukan pajak.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Apa kendala yang dihadapi UPT PPD Jember dalam upaya peningkatan penerimaan pajak kendaraan bermotor? 2) Bagaimana strategi yang dilakukan oleh UPT PPD Jember dalam meningkatkan penerimaan pajak kendaraan bermotor?
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui kendala yang dihadapi UPT PPD Jember dalam upaya peningkatan penerimaan pajak kendaraan bermotor. 2) Untuk mengetahui strategi yang dilakukan oleh UPT PPD Jember dalam meningkatkan penerimaan pajak kendaraan bermotor.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, serta menggunakan teknik pengumpulan data: 1) Observasi, 2) Wawancara, dan 3) Dokumentasi. Keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi, yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Kendala yang dihadapi dalam usahanya meningkatkan penerimaan pajak kendaraan bermotor yaitu, banyak kendaraan bermotor yang masih belum atas namanya sendiri, adanya masalah geografis, kepemilikan kendaraan bermotor atas nama satu orang dengan banyak kendaraan, karakteristik masyarakat di wilayahnya, musim tanam ataupun musim panen, serta kesadaran wajib pajak atau keinginan untuk bayar pajak masyarakat masih kurang. 2) Strategi UPT PPD Jember untuk meningkatkan penerimaan pajak kendaraan bermotor, yaitu dengan sosialisasi, operasi bersama,koordinasi dengan instansi terkait, dinas luar penagihan tunggakan PKB, dan adanya inovasi pembayaran PKB.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140215 Public Economics- Taxation and Revenue
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140217 Transport Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Ms. Rani Anggriyani
Date Deposited: 24 Jun 2024 07:12
Last Modified: 24 Jun 2024 07:12
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33655

Actions (login required)

View Item View Item