Penanaman nilai-nilai religius pada peserta didik di Sekolah Menengah Kejuruan Al Munawwir International Islamic Boarding School Singojuruh

Alamsyah, M. Fikri (2024) Penanaman nilai-nilai religius pada peserta didik di Sekolah Menengah Kejuruan Al Munawwir International Islamic Boarding School Singojuruh. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK - 016 - PAI - 2024)
M. Fikri Alamsyah_201101010062.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

M. Fikri Alamsyah, 2024: Penanaman Nilai-nilai Religius Pada Peserta Didik di Sekolah Menengah Kejuruan Al Munawwir International Islamic Boarding School Singojuruh.
Kata Kunci: Nilai-nilai Religius
Penelitian ini dilatar belakangi oleh peneliti yang merasa tertarik pada suasana religius di SMK Al Munawwir IIBS Singojuruh. Hal tersebut dibuktikan dengan akhlak dan kemampuan religiusitas para peserta didik yang baik. SMK Al Munawwir IIBS Singojuruh menerapkan program penanaman nilai-nilai religius pada peserta didik dengan mengadopsi nilai-nilai pesantren. Sekolah yakin bahwa dengan dengan pendidikan pesantren maka nilai-nilai religius dapat tertanam dengan baik dalam diri peserta didik.
Fokus penelitian dalam skripsi ini yaitu, 1) Penanaman nilai-nilai religius pada peserta didik di SMK Al Munawwir IIBS Singojuruh. 2) Dampak penanaman nilai-nilai religius pada peserta didik di SMK Al Munawwir IIBS Singojuruh. 3) Kendala-kendala dalam penanaman nilai-nilai religius pada peserta didik di SMK Al Munawwir IIBS Singojuruh.
Tujuan penelitian ini yaitu, 1) Mendeskripsikan penanaman nilai-nilai religius pada peserta didik di SMK Al Munawwir IIBS Singojuruh. 2) Mendeskripsikan dampak penanaman nilai-nilai religius pada peserta didik di SMK Al Munawwir IIBS Singojuruh. 3) Mendeskripsikan kendala-kendala penanaman nilai-nilai religius pada peserta didik di SMK Al Munawwir IIBS Singojuruh.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis field research. Penelitian ini di lakukan di SMK Al Munawwir IIBS Singojuruh Banyuwangi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk teknik analisis data penelitian ini yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi.
Hasil penelitian ini yaitu, 1) Penanaman nilai-nilai religius pada peserta didik meliputi nilai aqidah, nilai ibadah, dan nilai akhlak yang dilakukan melalui program diniyah dan kegiatan-kegiatan religius. Dalam program diniyah peserta didik di ajarkan kitab-kitab tentang aqidah, akhlak, dan fiqih, serta pembelajaran Al-Qur’an sesuai tajwid dengan memasukkan metode membaca Al-Qur’an Yanbu’a. Selain itu, penanaman nilai-nilai religius juga dilakukan melalui kegiatan-kegiatan keagamaan seperti shalat dhuha dan dzuhur berjamaah, kultum, membaca asmaul husna, ekstra tahfidz, mengaji kitab setiap rabu pagi, tadarus Al-Qur’an, Jum’at amal dan jum’at bersih. Dalam penanaman nilai-nilai religius pada peserta didik terdapat 4 metode yang digunakan, yaitu metode keteladanan, metode pembiasaan, metode nasehat, dan metode hukuman. 2) Dampak dari penanaman nilai religius yaitu, keimanan peserta didik akan lebih kuat, memiliki pemahaman dan kesadaran akan pentingnya melaksanakan ibadah, dan terbentuknya sikap religius pada peserta didik. 3) Kendala-kendala dalam penanaman nilai-nilai religius pada peserta didik ada dua yaitu, pertama pengaruh budaya globalisasi. Kedua adalah sarana dan prasarana yang kurang memadai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M. Fikri Alamsyah
Date Deposited: 24 Jun 2024 01:19
Last Modified: 02 Jul 2024 03:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33662

Actions (login required)

View Item View Item