Strategi Personal Selling Untuk Menarik Minat Nasabah Pada Produk Simpanan Di BMT NU Jawa Timur Cabang Besuki

Saila Rizqi, Alvi (2024) Strategi Personal Selling Untuk Menarik Minat Nasabah Pada Produk Simpanan Di BMT NU Jawa Timur Cabang Besuki. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text (SK-086-PS-2024)
Alvi Saila Rizqi_205105010018.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

“Strategi Personal Selling Untuk Menarik Minat Nasabah Pada Produk Simpanan Di Bmt Nu Jawa Timur Cabang Besuki”
kata kunci: Personal selling, simpanan, minat nasabah
BMT NU Jawa Timur cabang Besuki merupakan salah satu lembaga keuangan yang berada di daerah Jawa Timur tepatnya di Kabupaten Situbondo. Sebagai lembaga keuangan syariah diharapkan dapat memberikan manfaat baik terhadap umat Islam dan non Islam untuk dapat meningkatkan taraf hidup melalui produk yang disediakan.
Fokus masalah pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimana startegi personal selling dalam mengembangkan produk simpanan yang ada di BMT NU Jawa Timur cabang Besuki?, (2) Bagaimana manfaat strategi personal selling dalam mengembangkan produk simpanan di BMT NU Jawa Timur Cabang Besuki?
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Uintuik mengetahui bagaimana strategi personal selling dalam mengembangkan poduk simpanan di BMT Nui Jawa Timuir Cabang Beiisuiki. (2) Untuk mengetahui manfaat strategi personal selling dalam mengembangkan produk simpanan di BMT NU cabang Besuki.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian diskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun untuk analisis data menggunakan pengumpulan data, redukasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kemudian keabsahan data menggunakan teknik tringulasi sumber.
Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan: (1) Langkah-langkah personal selling yang di gunakan pihak BMT NU cabang Besuki untuk mengembangkan produk simpanan yaitu 7 tahapan sesuai dengan teori Kotler dan Amstrong namun terkadang pihak BMT NU cabang Besuki masih menggunakan 5 tahapan yaitu memilih calon nasabah (prospection), pendekatan (approach),, menceritakan produk (presentation), menengani keberatan calon nasabah (handing objection), penutupan (closing), tahapan yang terkadang tidak digunakan pihak BMT NU cabang Besuki yaitu mempelajari calon nasabah (preapproach) dan tindak lanjut (follow up). (2) Manfaat personal selling bagi BMT NU cabang Besuki yaitu pada setiap tahunnya selalu mencapai target dan juga dalam menggunakan strategi personal selling pihak BMT dapat menjelaskan secara detail tentang produk yang mereka tawarkan kepada calon nasabah, Manfaat bagi nasabah dalam strategi personal selling yaitu mereka dapat mengetahui dan mengenal lebih dalam produk simpanan yang ada di BMT NU secara detail, dan mereka dapat secara langsung menanyakan atau mengutarakan keresahan yang mereka miliki apabila mereka masih ragu untuk menabung di BMT NU Jawa Timur cabang Besuki.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140101 History of Economic Thought
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Alvi Saila Rizqi
Date Deposited: 26 Jun 2024 08:03
Last Modified: 11 Jul 2024 03:58
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33668

Actions (login required)

View Item View Item