Model Pemberdayaan Ekonomi Usaha Mikro Kecil Menengah Melalui Kearifan Lokal "AlasMastePakSamad" Di Desa Perante Kabupaten Situbondo

Fartinia Hertanti, Deska (2024) Model Pemberdayaan Ekonomi Usaha Mikro Kecil Menengah Melalui Kearifan Lokal "AlasMastePakSamad" Di Desa Perante Kabupaten Situbondo. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-121-ES-2024)
Watermark Deska Fartinia Hertanti.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Deska Fartinia Hertanti, Dr. H. Fauzan, S.Pd., M.Si. 2024 : Model Pemberdayaan Ekonomi Usaha Mikro Kecil Menengah Melalui Kearifan Lokal AlasMastePakSamad di Desa Perante Kabupaten Situbondo

Kata kunci : Pemberdayaan Ekonomi, Kearifan Lokal

Pemberdayaan ekonomi merupakan suatu solusi untuk meningkatkan perekonomian di dalam masyarakat. Adapun contoh kecil dalam tatanan masyarakat yaitu di tingkat desa yang didalamnya terdapat potensi yang dapat dikembangkan. Pemberdayaan sendiri memiliki manfaat atau membuka peluang terhadap masyarakat untuk mengeksplor potensi yang terdapat di dalam suatu desa. Dalam masyarakat pedesaan tentunya terdapat kearifan lokal yang lekat dengan jati diri masyarakat itu sendiri. Kearifan lokal ini yang dapat membantu masyarakat untuk memperoleh kesejahteraan hidup dengan cara memperoleh penghasilan atas dasar kemampuan masyarakat untuk mengembangkan potensi desa.
Fokus penelitian yang diteliti oleh peneliti dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana model pemberdayaan ekonomi usaha mikro kecil menengah melalui kearifan lokal AlasMastePakSamad di desa Perante? 2) Bagaimana implikasi model pemberdayaan ekonomi usaha mikro kecil menengah pada kesejahteraan masyarakat desa Perante?
Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui model pemberdayaan ekonomi usaha mikro kecil menengah melalui kearifan lokal di desa Perante Kecamatan Asembagus Kabupaten Situbondo. 2) Untuk mengetahui implikasi model pemberdayaan ekonomi usaha mikro kecil menengah pada kesejahteraan masyarakat di desa Perante Kecamatan Asembagus Kabupaten Situbondo.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskrptif. Lokasi penelitian berada di desa Perante Kabupaten Situbondo. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau kesimpulan. Adapun keabsahan data diperoleh dengan teknik triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Model Pemberdayaan Ekonomi yang dilakukan oleh pemerintah desa Perante diantaranya yaitu : (a) Penyediaan sarana dan prasarana kegiatan ekonomi melalui wisata kuliner AlasMastePakSamad, (b) Pemberian bantuan berupa gerobak. 2) Pemberdayaan Ekonomi tersebut berimplikasi positif bagi masyarakat yang terlibat di dalamnya. Implikasi yang dirasakan oleh masyarakat antara lain : (a) Mempunyai pekerjaan tetap, (b) Mendapatkan penghasilan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari, (c) Tingkat kesejahteraan meningkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation
14 ECONOMICS > 1403 Econometrics > 140303 Economic Models and Forecasting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Deska Fartinia Hertanti
Date Deposited: 24 Jun 2024 04:31
Last Modified: 10 Jul 2024 08:31
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33677

Actions (login required)

View Item View Item