Strategi Pembangunan Sektor Iformal Perkotaan Melalui Program Car Free Day oleh Pemerintah Kabupaten Situbondo

Fartinia Herawati, Desky (2024) Strategi Pembangunan Sektor Iformal Perkotaan Melalui Program Car Free Day oleh Pemerintah Kabupaten Situbondo. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-028-ES-2024)
Watermark Desky Fartinia Herawati.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Desky Fartinia Herawati, Nikmatul Masruroh. 2024 : Strategi Sektor Informal Perkotaan Melalui Program Car Free Day oleh Pemerintah Kabupaten Situbondo.

Kata Kunci : Strategi Pembangunan, Sektor Informal Perkotaan, Car Free Day

Car Free Day adalah kegiatan kampanye untuk mengurangi tingkat pencemaran udara yang disebabkan oleh kendaraan bermotor. Car Free Day diadakan setiap hari minggu pukul 05.00-09.00. Car Free Day berarti pekan olahraga masyarakat yang didukung dengan adanya fasilitas UMKM. Tetapi secara umumnya bukan UMKM-nya melainkan untuk olahraganya. Jadi, Car Free Day sendiri yaitu untuk olahraga masyarakat dengan di dukung adanya UMKM.
Fokus penelitian dalam penelitian inin adalah: 1. Bagaimana pelaksanaan program Car Free Day di Kabupaten Situbondo, 2. Bagaimana strategi pembangunan sektor informal perkotaan melalui program Car Free Day oleh Pemerintah Kabupaten Situbondo, 3. Bagaimana dampak strategi pembangunan sektor informal perkotaan melalui program Car Free Day terhadap pendapatan masyarakat Kabupaten Situbondo.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1. Mengeksplorasi pelaksanaan program Car Free Day di Kabupaten Situbondo, 2. Mendeskripsikan strategi pembangunan sektor informal perkotaan melalui program Car Free Day oleh Pemerintah Kabupaten Situbondo, 3. Mendeskripsikan dampak strategi pembangunan sektor informal perkotaan melalui program Car Free Day terhadap pendapatan masyarakat Kabupaten Situbondo.
Penyusunan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Car Free Day Kabupaten Situbondo. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Data diperoleh melalui observasi dan wawancara dengan pihak yang mempunyai tanggung jawab terhadap pelaksanaan kegiatan program Car Free Day.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. Proses kegiatan Car Free Day dilaksanakan setiap hari minggu. Kegiatan Car Free Day diartikan sebagai kegiatan kampanye untuk mengurangi tingkat pencemaran udara yang disebabkan oleh kendaraan bermotor. Dimana pada hari tersebut masyarakat Situbondo diwajibkan mengurangi penggunaan sepeda motor di area alun-alun, 2. Strategi pembangunan sektor informal perkotaan melalui program Car Free Day menggunakan 4 strategi antara lain: strategi pengembangan fisik atau lokalitas, strategi pengembangan dunia usaha, strategi pengembangan sumberdaya manusia, strategi pengembangan ekonomi masyarakat, 3. Pendapatan masyarakat mengalami peningkatan dari yang sebelum ada kegiatan Car Free Day pendapatan masyarakat berada pada tingkat rendah kurang lebih Rp. 200.000 – Rp. 350.000. setelah ada kegiatan Car Free Day pendapatan masyarakat berada pada tingkat tinggi naik menjadi Rp. 450.000 – Rp. 800.000 setiap minggunya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140202 Economic Development and Growth
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140218 Urban and Regional Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Desky Fartinia Herawati
Date Deposited: 24 Jun 2024 07:43
Last Modified: 10 Jul 2024 06:39
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33678

Actions (login required)

View Item View Item