Strategi Dakwah Bagus Suhar Melalui Animasi Pada Akun @Bagussuhar Dalam Media Sosial TikTok

wibisono, akhmad fadhil (2024) Strategi Dakwah Bagus Suhar Melalui Animasi Pada Akun @Bagussuhar Dalam Media Sosial TikTok. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text (SK-036-KPI-2024)
Akhmad Fadhil Wibisono_201103010009.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Akhmad Fadhil Wibisono, 2024: Strategi Dakwah Bagus Suhar Melalui Animasi
Pada Akun @Bagussuhar Dalam Media Sosial TikTok
Kata Kunci: strategi dakwah, animasi, TikTok

Kegiatan dakwah dapat disampaikan melalui berbagai jenis media. Salah
satunya melalui media sosial TikTok. Kegiatan dakwah secara umumnya
cenderung monolog dalam bentuk ceramah seorang ustdaz. Berbeda dengan
Bagus Suhar yang mencoba mendekatkan dakwah kepada anak muda di media
sosial TikTok melalui animasi dakwahnya. Dengan mengemas dakwah secara
kreatif dan menggunakan berbagai karakter animasi membuatnya lebih mudah
diterima oleh pemuda.
Peneliti mengkaji permasalahan tentang 1) apa saja bentuk bentuk pesan
dakwah yang disampaikan oleh Bagus Suhar dalam konten dakwahnya melalui
animasi pada akun TikToknya? 2) Bagaimana strategi dakwah Bagus Suhar dalam
menyebarkan konten dakwahnya melalui animasi pada akun TikToknya?
Tujuan penelitian ini 1) Untuk mengetahui bentuk-bentuk pesan dakwah
yang disampaikan oleh Bagus Suhar dalam konten dakwahnya melalui animasi
pada akun TikToknya, 2) Untuk mengetahui strategi dakwah Bagus Suhar dalam
menyebarkan konten dakwahnya melalui animasi pada akun TikToknya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus.
Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipatif, wawancara
mendalam, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Penelitian ini memiliki keimpulan bahwa 1) Bentuk pesan dakwah yang
digunakan Bagus Suhar ialah aspek akidah, syariat, dan akhlak. 2) Bagus Suhar
menggunakan strategi dakwah Al-Bayanuni yakni strategi sentimental, strategi
rasional, dan strategi indrawi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200104 Media Studies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Akhmad Fadhil Wibisono
Date Deposited: 24 Jun 2024 08:49
Last Modified: 12 Aug 2024 07:13
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33697

Actions (login required)

View Item View Item