BENTUK BADAN USAHA DALAM KEGIATAN PENANAMAN MODAL ASING DI INDONESIA

Affan, Muhammad (2024) BENTUK BADAN USAHA DALAM KEGIATAN PENANAMAN MODAL ASING DI INDONESIA. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text (SK-069-HES-2024)
SKRIPSI MUHAMMAD AFFAN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penanaman modal asing yaitu sebuah kegiatan yang digarapakn oleh orang yang tak berstatus kewarganegaraan Indonesia dengan menanamkan modalnya di Indonesia. Penanaman modal asing itu dilakukan dengan cara mendirikan badan usaha atau membeli saham kepemilikan dari sebuah badan usaha. Kegiatan penanaman modal asing diatur dalam Undang-undang nomor 25 Tahun 2007 tentang penanaman modal. Bentuk badan usaha yang diwajibkan bagi penanaman modal dalam aturan ini pada pasal 5 ayat 2 dan diperkuat dengan pasal 20 tentang fasilitas perseroan terbatas penanaman modal asing. Berbeda dengan penjelasan dalam pasal 9 ayat 5 Undang-undang Nomor 16 Tahun 2001 yang memperbolehkan orang asing mendirikan yayasan.
Fokus Penelitian yang terdapat pada Skripsi ini yaitu : 1) apa hakikat kegiatan penanaman modal asing di Indonesia. 2) apakah penanaman modal asing di Indonesia wajib berbentuk Perseroan Terbatas. 3) bagaimana bentuk badan usaha yang ideal dalam kegiatan penanaman modal asing di Indonesia.
Tujuan Penelitian dalam Skripsi ini yaitu : 1) memahami hakikat kegiatan penanaman modal asing di Indonesia. 2) memahami bentuk badan usaha dalam kegiatan penanaman modal asing wajib berbentuk Perseroan Terbatas. 3) mengetahui bentuk badan usaha yang ideal dalam kegiatan penanaman modal asing di Indonesia.
Penelitian dalam Skripsi ini dengan penelitian Normatif dengan melakukan sebuah pendekatan Undang-undang (Statute Approach) seperti undang-undang Nomor 25 Tahun 2007 dan undang-undang Nomor 16 Tahun 2001 tentang yayasan.
Penelitian ini sampai pada simpulan bahwa : 1) penanaman modal asing yaitu sebuah kegiatan yang dilakukan oleh orang yang tak berkedudukan di Indonesia dengan menanamkan modalnya di Indonesia. Dilakukan dengan motif mempertahankan jaringan bisnis perusahaannya penanam modal itu. 2) penanaman modal asing tidak wajib Perseroan Terbatas dengan syarat diatur dalam Undang-undang dan tidak bertentangan dengan peraturan lainnya terlebih lagi harus menyejahterakan rakyat. 3) bentuk ideal dari badan usaha penanaman modal asing di Indonesia selain Perseroan Terbatas yaitu Yayasan yang sudah ada pengaturannya dan Koperasi yang memiliki prioritas tinggi dalam menyejahterakan anggota dan rakyat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180107 Conflict of Laws (Private International Law)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180108 Constitutional Law
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180122 Legal Theory, Jurisprudence and Legal Interpretation
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: MUHAMMAD AFFAN
Date Deposited: 24 Jun 2024 04:07
Last Modified: 17 Jul 2024 01:59
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33705

Actions (login required)

View Item View Item