Implementasi Peraturan Daerah Nomor 7 Tahun 2016 Tentang Penyandang Disabilitas Pada Bidang Pendidikan di Kabupaten Jember

Sofiani, Sofiani (2024) Implementasi Peraturan Daerah Nomor 7 Tahun 2016 Tentang Penyandang Disabilitas Pada Bidang Pendidikan di Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-055-HTN-2024)
SOFIANI_20410203009.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Sofiani, 2024, Implementasi Peraturan Daerah Nomor 7 Tahun 2016 Tentang Penyandang Disabilitas Pada Bidang Pendidikan di Kabupaten Jember

Kata Kunci: Penyandang Disabilitas, PERDA, Pendidikan.

Pendidikan sebagai hak fundamental bagi seluruh warga negara Indonesia, seluruh warga negara mempunyai hak dalam mendapatkan hak dan jaminan Pendidikan yang layak, adil dan setara tanpa adanya diskriminasi, termasuk juga bagi penyandang disabilitas. Pemerintah dalam hal ini mempunyai kewajiban dalam memberikan fasilitas serta aksesibilitas yang sama pada semua jalur, jenis, dan jenjang. Dalam pemenuhan hak aksesibilitas sesuai undang-undang, Pemerintah Kabupaten Jember menyelenggarakan pendidikan inklusi, semua sekolah negeri di jemberr diwajibkan untuk menerima semua siswa disabilitas. Akan tetapi pada pelaksanaan pendidikan inklusi, pemerintah Kabupaten Jember kurang memberikan perhatian serta bantuan terhadap sekolah inklusi. hal ini jelas menjadi bentuk kesenjangan antara hukum yang telah disahkan oleh Pemerintah Daerah Jember dengan fakta empirik yang ada dilapangan.
Fokus penelitian pada skripsi ini adalah: 1) Bagaimana pelaksanaan hak pendidikan penyandang disabilitas berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Kabupaten Jember Nomor 7 Tahun 2016 Tentang Hak Penyandang Disabilitas? 2) Bagaimana Faktor penghambat pada bidang pendidikan penyandang disabilitas dalam Peraturan Daerah Kabupaten Jember Nomor 7 Tahun 2016? 3) Bagaimanakah implikasi pelaksanaan Peraturan Daerah Nomor 7 Tahun 2016 Tentang Penyandang Disabilitas pada bidang di Kabupaten Jember.
Tujuan dari penelitian ini ialah: 1) Untuk mengetahui, memahami dan menganalisis pelaksanaan hak pendidikan penyandang disabilitas berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Jember Nomor 7 Tahun 2016 Tentang Hak Penyandang Disabilitas. 2) Untuk mengetahui, memahami dan Faktor penghambat pada bidang pendidikan penyandang disabilitas dalam Peraturan Daerah Kabupaten Jember Nomor 7 Tahun 2016. 3) Untuk mengetahui, memahami dan menganalisis implikasi pelaksanaan Peraturan Daerah Nomor 7 Tahun 2016 Tentang Penyandang Disabilitas pada bidang pendidikan di Kabupaten Jember.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni penelitian hukum empiris atau (socio legal research). Sedangkan pendekatannya menggunakan 3 pendekatan, yang pertama yaitu menggunakan undang-undang (statute approach), Kedua sosiologi hukum, terakhir yaitu Konseptual (conceptual approach).
Implementasi Peraturan Daerah Nomor 7 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas pada bidang Pendidikan di Kabuaten Jember masih tidak terlaksana secara maksimal. Hasil dari penelitian lapangan bahwa pelaksanaan PERDA tersebut mengalami beberapa hambatan, seperti kurangnya tenaga pendamping khusus, tidak adanya fasilitas khusus pada sekolah inklusi, serta tidak adanya bantuan sarana ataupun biaya dari Pemerintah Kabupaten Jember. Hal ini berdampak terhadap akses dan kualitas Pendidikan inklusi yang ada di Kabupaten Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180108 Constitutional Law
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara
Depositing User: Sofiani Sofia yani
Date Deposited: 24 Jun 2024 04:59
Last Modified: 14 Aug 2024 08:12
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33732

Actions (login required)

View Item View Item