Pemenuhan Hak Anak Pasca Perceraian Orang Tua Di Kabupaten Bondowoso

Fitriah, Mudrikatul (2024) Pemenuhan Hak Anak Pasca Perceraian Orang Tua Di Kabupaten Bondowoso. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-014-HK-2024)
REVISI SKRIPSI watermark.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Kasus perceraian yang terjadi di Kabupaten Bondowoso dapat dikatakan berada dalam jumlah banyak. Korban dari perceraian orang tua adalah anak. Anak yang terkena dampak dari perceraian orang tua, seperti salah satu pihak tidak mengasuh anak pasca perceraian, tidak terpenuhinya hak-hak anak seperti biaya nafkah, pengasuhan, pendidikan, dan lain sebagainya. Penelantaran anak yang ada di Kabupaten Bondowoso ini dilakukan oleh salah satu pihak pasca terjadinya perceraian.
Adapun fokus dari penelitian ini : 1) Apa faktor yang menyebabkan tidak terpenuhinya hak anak pasca perceraian orang tua di Kabupaten Bondowoso? 2) Bagaimana peran Dinsos dalam menindaklanjuti permasalahan tentang hak anak yang terabaikan pasca perceraian orang tua di Kabupaten Bondowoso? Dengan tujuan penelitian : 1) Untuk mengetahui faktor apa saja yang menyebabkan tidak terpenuhinya hak anak pasca perceraian orang tua di kabupaten Bondowoso. 2) Untuk mengetahui tindak lanjut lembaga Dinsos dalam menangani terabaikannya hak anak pasca perceraian orang tua di Kabupaten Bondowoso.
Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah sosiologis dengan jenis penelitian yuridis empiris. Lokasi penelitian berada di daerah kabupaten Bondowoso. Adapun subjek penelitian yakni Hakim Pengadilan Agama Bondowoso, beberapa masyarakat yang sudah bercerai dan tidak terpenuhi hak anaknya, kabid, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak Dinas Sosial P3AKB Kabupaten Bondowoso. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Tahap-tahap penelitian ada tahap pra lapangan, tahap pelaksanaan, tahap analisis data, dan tahap pelaporan.
Adapun hasil dari penelitian : 1) Faktor yang menyebabkan tidak terpenuhinya hak anak oleh salah satu pihak pasca perceraian yakni dikarenakan faktor berkurangnya ikatan kasih sayang antra orang tua dengan anak, faktor kurangnya waktu bertemu antara bapak dengan anak dikarenakan larangan dari ibu, faktor ekonomi, kurangnya rasa tanggungjawab orang tua terhadap anaknya, sikap egois dan hanya mementingkan keluarga barunya. 2) Upaya Dinsos yakni dengan memberikan advokasi, sosialisasi, dan edukasi kepada masyarakat. Agar kedua orang tua mengetahui akan kewajibannya terhadap anak pasca terjadinya perceriaan sesuai dengan undang-undang yang berlaku.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180113 Family Law
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga
Depositing User: Rika Mudrikatul Fitriah
Date Deposited: 24 Jun 2024 08:07
Last Modified: 17 Jul 2024 08:32
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33741

Actions (login required)

View Item View Item