EFEKTIVITAS PENDAYAGUNAAN DANA ZAKAT INFAK SEDEKAH (ZIS) MELALUI PROGRAM KESEHATAN KELILING DI LEMBAGA AMIL ZAKAT NASIONAL YATIM MANDIRI JEMBER

Jennah, Sovi (2024) EFEKTIVITAS PENDAYAGUNAAN DANA ZAKAT INFAK SEDEKAH (ZIS) MELALUI PROGRAM KESEHATAN KELILING DI LEMBAGA AMIL ZAKAT NASIONAL YATIM MANDIRI JEMBER. Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

[img] Text
SOVI YATUL JENNAH_204105040027-1.pdf

Download (7MB)

Abstract

Sovi Yatul Jennah, 2024. Efektivitas Pendayagunaan Dana Zakat Infak Sedekah (Zis) Melalui Program Kesehatan Keliling di Lembaga Amil Zakat Nasional Yatim Mandiri Jember

Lembaga amil zakat nasional (LAZNAS) Yatim Mandiri merupakan lembaga yang memiliki tujaun untuk mensejahterakan masyarakat dan mengangkat harkat martabat sosial kemanusiaan yatim dan duafa dengan menggunakan dana zakat, infak dan sedekah. Dalam segi mensejahterakan bukan hanya secara ekonomi saja melainkan secara kesehatan. Kesehatan keliling merupakan salah satu program yang ada di yatim mandiri yang bertujuan mensejahterakan yatim dan dhuafa dengan memberikan bantuan kesehatan gratis.
Adapun fokus penelitian dalam penelitian ini yakni: 1. Bagaimana efektivitas pendayagunaan dana zakat infak dan sedekah pada program kesehatan keliling (KESLING)?, 2. Bagaiamana mekanisme kerja dalam menjalankan program kesehatan keliling?, dengan adanya fokus penelitian tersebut, maka penelitian ini memiliki tujuan sebagai berikut: 1. Untuk mengetahui efektivitas pendayagunaan dana zakat infak dan sedekah pada program kesehatan keliling di Yatim Mandiri Jember, 2. Untuk mengetahui mekanisme kerja dalam menjalankan program kesehatan keliling di Yatim Mandiri Jember.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive, serta teknik dalam pengumpulan dalam menggunakan, observasi, wawancara, dokumentasi. Kemudian analisis datanya menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi data. Dan untuk keabsahan datanya menggunakan triangulasi teknik.
Kesimpulan dari hasil penelitian adalah: 1. Efektivitas pendayagunaan dana zakat infak dan sedekah sangat perlu diperhatikan karena ketiga dana tersebut memiliki ketentuan sendiri dalam menggunakannya. Dalam hal ini program kesehatan keliling di yatim mandiri jember untuk menjalankan programnya menggunakan dana zakat dan juga sudah menjadi ketentuan kantor pusat yatim mandiri bahwa program ini menggunakan akad dana zakat. Akan tetapi jika kegiatan sifatnya kolaboratif dengan kegiatan relawan kemandirian maka dana infak dan sedekah juga akan digunakan karena dalam kegiataan lebih dominan menggunakan dana infak dan sedekah. 2. Mekanisme kerja yang dilakukan dalam program kesehatan keliling yakni melibatkan relawan kemandirian jember dan yatim mandiri juga sangat memperhatikan bahwa program ini harus berjalan dengan lancar dengan fasilitas yang diberikan agar memiliki output yang baik dan bermanfaat kepada masyarakat. Fasilitas yang diberikan adalah mobil sehat, pengobatan, edukasi kesehatan fisik maupun lingkungan, aksi dalam bersih lingkungan, pemberian paket gizi dan juga pemberian sembako. Jadi, program kesehatan keliling tidak hanya program yang bentuknya pendistribusian saja melainkan juga ada aksi didalamnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1403 Econometrics > 140302 Econometric and Statistical Methods
14 ECONOMICS > 1403 Econometrics > 140305 Time-Series Analysis
14 ECONOMICS > 1403 Econometrics > 140399 Econometrics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Sovi yatul jennah
Date Deposited: 24 Jun 2024 06:13
Last Modified: 24 Jun 2024 06:13
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33750

Actions (login required)

View Item View Item